Kuliah Umum Daring Magister Ilmu Komunikasi “From Hybrid to Computational Public Spheres. Current Trends in Communication (Science)”


Program Studi Komunikasi Pascasarjana UAJY telah melaksanakan Kuliah Umum dengan tema “From Hybrid to Computational Public Spheres. Current Trends in Communication (Science)” pada Rabu, 11 November 2020. Materi disampaikan oleh Dr Martin Loeffelholz dari Technische Universitat Limenau, Jerman.

Dr Martin Loeffelholz menjelaskan bahwa hibridasi dibagi menjadi beberapa hal, diantaranya koeksistensi dan pembauran peninggalan, serta media sosial. Kemudian, mediatisasi disinter yang salah satunya meliputi, produsage atau pembangunan kolaboratif dan berkesinambungan demi pengembangan berikutnya.

Lalu interpendensi praktik, peninggalan, dan media sosial. Bentuk hibridasi berikutnya adalah, destabilisasi yang dipahami sebagai ruang publik atau adaptasi yang digerakkan oleh elit atau penguasa.

Sementara itu, realitas virtual merupakan pengalaman bentuk media imersif. Media imersif adalah situasi ketika lingkungan nyata direplikasi, dan memungkinkan penggunanya dapat berinterkasi dengan dunia ini dengan cara seolah-olah mereka ada di tempat yang sama.

Kuliah umum yang kurang lebih dihadiri oleh 40 peserta ini dilaksanakan melalui platform Zoom mulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.