Kuliah Umum Daring Magister Ilmu Komunikasi : Persengketaan antara Lembaga Penyiaran : UU Penyiaran VS UU Hak Cipta


Pada hari sabtu, 6 juni 2020 telah dilaksanakan Kuliah Umum Daring Magister Ilmu Komunikasi, mulai dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Kuliah umum ini, mengusung tema persengketaan antara Lembaga Penyiaran : UU Penyiaran VS UU Hak Cipta. Moderator pada kuliah umum, dilaksanakan oleh Bapak Dr. Lukas Ispandrisno. Kemudian, tema yang ada, diisi oleh dua narasumber yakni, Bapak Paulus Widiyanto sebagai Ketua Pansus UU Penyiaran No. 32 tahun 2002, dan Bapak Dendy Aditya sebagai Regional Manager Life Media – SIMS.


Bapak Paulus Widiyanto memaparkan bahwa, persengketaan muncul karena dipengaruhi oleh beberapa hal yakni, adanya ketiadaan dan kejelasan norma, konflik dan anomali norma-norma antar beberapa regulasi, kelemahan implementasi regulasi, perbedaan tekstual dan intensional, kelemahan dan distorsi penahaman para penegak hukum, intimidasi kepentingan bisnis Lembaga Penyiaran (LP) besar kepada LP kecil, dan kriminalisasi mafia hukum terhadap lembaga penyiaran. Sedangkan,  Bapak Dendy Aditya memaparkan bahwa  first screen seperti televisi seringkali dipegang oleh ibu rumah tangga, berbeda dengan second screen seperti Youtube seringkali dipegang oleh para bapak. Kemudian, untuk konten berlangganan untuk residensial kepentingannya masih naik, namun bagi koorperasi justru hancur lebur.


Kuliah Umum Daring pun diisi dengan tanya jawab kepada dua narasumber. Kemudian, dilanjutkan dengan foto bersama yang dipandu oleh Bapak Lukas, melalui aktivasi kamera para participants maupun host. (SS : EK)