Kuliah Umum Magister Arsitektur “Urban Reinaissance Oriented Compact City in Japan”


Pada hari Rabu, 2 Desember 2020 Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan Sesi Belajar Dari Mereka dengan judul “Urban Reinaissance Oriented Compact City in Japan” yang dibawakan oleh Prof. Masanori Sawaki, seorang Professor di Osaka University Urban Environmental Design Lab.

Webinar ini dibuka dengan video animasi yang menceritakan pada zaman dulu Jepang membuat kota-kota di suku urban, namun saat ini tidak lagi. Sesi Belajar Dari Mereka disampaikan dengan bahasa Jepang oleh Prof. Masanori Sawaki. Kemudian diterjemahkan oleh Khairunnisa, S.T., M.Eng., Ph.D selaku Ketua Program Studi Magister Arsitektur.

Urban Reinissance adalah refitalisasi kota. Urban Reinaissance ditujukan untuk mencegah penurunan ekonomi, sehingga akan selalu dilakukan perkembangan berkelanjutan. Akan tetapi saat ini, urban reinaissance lebih menitik beratkan pada perkembangan kota.

Pada tahun 2008 populasi di Jepang sudah maksimal. Terdapat beberapa proyek urban reinaissance di Jepang pada tahun 2010, diantaranya adalah, Toranomon Hills, Grand Front OSAKA, dan Global Gate. Di Jepang perekonomian selalu ditopang dengan strategi urban reinaissance agar ekonominya stabil.

Relaksasi untuk ketinggian bangunan dilakukan, agar kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Selain urban regenerasi, terdapat juga kebutuhan untuk keberlanjutan hidup orang-orang di sana, di tengah penurunan populasi penduduk di Jepang.


Saat ini, Jepang sedang mengeksplorasi cara meningkatkan kualitas kehidupan di perkotaan. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 masa depan kota Jepang masih belum diketahui, sehingga harus dengan seksama memperhatikan apa yang dibutuhkan kebutuhan kota ke depannya.

Sesi Belajar Dari Mereka berlangsung melalui Zoom Meeting mulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB dan dihadiri lebih dari 100 partisipan.