Kuliah Umum Magister Hukum : Penegakan Hukum di Masa Pandemi


Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelengarakan kuliah umum dengan tema “Penegakan Hukum di Masa Pandemi”. Kuliah umum ini dilaksanakan pada Jumat, 29 Januari 2021 pukul 10.00 – 12.00 WIB. Narasumber yang diundang pada acara kali ini adalah FX Herusantoso, S.H., yang merupakan hakim tingkat pertama dan A. Ismoko Tri Handoyo, S.H., M.Hum yang merupakan konsultan hukum. Kuliah umum ini dihadiri oleh 33 peserta dan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom.

Masa pandemi memaksa semua orang untuk melakukan segala pekerjaan atau aktivitasnya melalui daring. Penegakan hukum yang harus tetap berjalan juga akhirnya untuk beberapa aktivitas harus dilaksanakan secara daring untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Persidangan secara elektronik sudah direncanakan sebelum pandemi ini terjadi sudah ada sejak 2019. Selain persidangan, aktivitas seperti pengaduan, pembayaran, dan pemanggilan juga sudah dilakukan secara daring. Pada prakteknya, persidangan secara daring ini belum jelas secara teknis karena dibutuhkan banyak penyesuaian. Menurut Ismoko, bagi kuasa hukum, teleconference cukup merugikan kuasa hukum dan terdakwa karena terkadang pertanyaan atau jawaban yang diberikan kurang tersampaikan dengan baik karena keterbatasan sarana dan prasarana.

Pada akhirnya, Penegakan hukum harus tetap berjalan dan sebagai warga negara kita harus mendukung segala prosesnya.