Kuliah Umum Magister Manajemen “Climate Change”


Perubahan iklim merupakan isu nyata yang menjadi perhatian dunia, oleh karena itu pada 8 Februari 2020 yang lalu Magister Manajemen Program Pascasarjana menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Climate Change. Kuliah umum ini diisi oleh Ibu Suzy Hutomo, beliau merupakan Chairperson The Body Shop Indonesia.

Kuliah umum ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Dr. Ir. AM Ade Lisantono, M.Eng. selaku Direktur Pascasarjana, beliau mengungkapkan Atma Jogja telah melakukan beberapa upaya sustainability seperti dengan membagikan tumbler bagi dosen dan mahasiswa, termasuk melakukan riset-riset sebagai upaya untuk mengrangi efek dari perubahan iklim.

Sebelum kuliah umum ini terlaksana, Ibu Suzy telah menyebar kuesioner kepada calon audiens. Hasilnya adalah 94% responded percaya climate change sebagai isu yang mengancam kehidupan manusia dan 70% sangat khawatir terhadap perubahan iklim.

Dalam kuliah umum ini disampaikan bahwa perubahan iklim akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis. Di berbagai belahan dunia bencana eksterm terjadi 4 kali lebih sering dibandingkan tahun 1960-an. Kekeringan juga terjadi dimana-mana, ini tentu sangat berpengaruh pada industry pangan di berbagai belahan dunia. Kerugian ekonomi akibat cuaca ekstrem ini dalam duatahun terakhir (2018-2019) mencapai 653 dollar Amerika.

Perubahan iklim juga mengakibatkan penyebaran penyakit tropis menjadi lebih cepat. Oleh karena itu Ibu Suzy mengajak peserta kuliah umum untuk memikirkan biaya dari setiap karbon yang dihasilkan manusia, setidaknya memulai dari hal-hal yang sederhana seperti membawa kantung belanja saat pergi berbelanja, berhenti menggunakan sedotan plastic dan menghemat energi yang digunakan.