Kuliah Umum Magister Manajemen “Digital Marketing Strategy in Retail Industry”


Pada 14 Desember 2019 Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tajuk “Digital Marketing Strategy in Retail Industry”. Pemateri dari kuliah umum ini adalah Bapak Laurensius Tirta Wijaya, Beliau merupakan Diversity Business Director PT. Indomarco Prismatama.

Peserta kuliah umum ini didominasi mahasiswa magister manajemen, namun juga terbuka bagi mahasiswa Atma Jogja secara umum. Dibuka dengan sambutan dari Direktur Program Pascasarjana, Bapak Dr. Ir. A.M. Ade Lisantono, M.Eng. Beliau mengungkapkan kebanggaannya karena pada hari yang bersamaan terselenggara kuliah umum dan workshop yang keduanya bertemakan digitalisasi.

Kuliah umum ini mengngkat studi kasus dari Indomaret yang mengemangkan sayap dari toko retail memasuki digital retail. Dalam kuliah umum ini juga dipaparkan transisi dari traditional marketing hingga akhirnya lahir digital marketing. Keduanya tidak saling mendisrupsi tetapi justru saling melengkapi. Hal ini pulalah yang ditangkap oleh Indomaret sebagai peluang untuk menambah power dari Indomaret sendiri sebagai salah satu retail terbesar dari Indonesia.

Salah satu bentuk digitalisasi yang dilakukan Indomaret adalah peluncuran Klik Indomaret. Salah satu strateginya adalah dengan menyediakan item-item yang tidak dijual di toko retail konvensionalnya pada platform Klik Indomaret.