Kuliah Umum Magister Teknik Sipil “Pelatihan Software Zin untuk Pemodelan Lalu Lintas”


Pada Kamis, 28 November 2019 telah terselenggara Kuliah Umum Magister Teknik Sipil dengan tajuk “Pelatihan Software Zin untuk Pemodelan Lalu Lintas.” Acara ini dimulai pukul 09.00 dan dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Imam Basuki., M.T. selaku Kepala Program Studi Magister Teknik Sipil.

Kegiatan ini diisi oleh Bapak M. Zuhdy Irawan, S.T., M.T. P.h.D dari Department of Civil and Environmental Engineering, Gadjah Mada University. Beliau adalah salah pembuat dari software Zin ini. Peserta kuliah umum ini yang terdiri dari mahasiswa/i Pascasarjana dan Strata 1 Universitas Atma Jaya Yogyakarta diinstruksi untuk mengunduh software Zin di website Universitas Gadjah Mada. Setelah software berhasil diinstal, Bapak Zuhdi menerangkan cara kerja dari software Zin tersebut dan peserta dapat langsung mempraktikannya.

Software Zin ini berguna untuk memforcast pergerakan pada titik-titik yang telah ditentukan pada maps, outputnya adalah perkiraan besar tarikan dan tekanan pada bangunan jalan. Outputnya ditawarkan adalah terlihatnya rute-rute terbaik yang dapat dimodifikasi dengan waktu tunda (delay). Selain itu untuk melihat arus dimasing-masing ruas jalan. Sehingga hasil akhirnya adalah dapat ditentukan kapasitas, speed flow dan waktu tempuh yang dapat digunakan untuk menentukan skenario-skenario pembangunan jalan dan rute terbaik. Kuliah umum ini berakhir pada pukul 10.15 WIB diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan.