Magister Ilmu Komunikasi


MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

 

VISI DAN MISI PROGRAM  MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

 

Visi

Mewujudkan lembaga pendidikan untuk pengembangan ilmu dan melahirkan lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan memiliki karakter yang berorientasi pada peningkatan martabat manusia maupun kesejahteraan masyarakat.

Misi

1. Mengembangkan kajian komunikasi melalui penbelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Mengembangkan kemampuan praktik komunikasi yang berbasis pada teori dan berorientasi mewujudkan manusia yang sadar media dan masyarakat yang arif berhadapan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan profesional di bidang manajemen ilmu komunikasi dan media, yang memiliki kemampuan mengelola praktik-praktik komunikasi di berbagai lembaga dengan tetap berdasarkan pada ilmu pengetahuan.
  2. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada pengembangan teori-teori komunikasi dan media (scientific/basic research) dan pengetahuan yang dapat meningkatkan keahlian praktis pada bidang profesi komunikasi (practical/applied research),  terutama terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), media, serta kemanfaatannya bagi manusia dan masyarakat.
  3. Mewujudkan kerjasama berskala regional, nasional, dan internasional dengan lembaga pendidikan dan non-pendidikan untuk menunjang tercapainya tujuan menghasilkan para profesional maupun penelitian.

 

MASA STUDI DAN WAKTU KULIAH

Program MIK-UAJY dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1,5 – 2 tahun. Kuliah diselenggarakan Senin –  Jumat di antara pukul 15.30 – 21.00 WIB. Dengan berbagai pertimbangan dimungkinkan perkuliahan dilakukan pada hari sabtu.

 

KEUNGGULAN

. Memiliki Kerjasama dengan Universitas di luar negeri, antara lain dengan Institute Media and Communication, Technische Universitat Ilmenau Jerman

.Dosen yang profesional dan berkualitas

Biaya Terjangkau

 

KURIKULUM

Kurikulum MIK-UAJY terdiri dari 36 sks. Mahasiswa harus menempuh 11 matakuliah, termasuk tesis

Terdiri 3 Konsentrasi yaitu :

. Manajemen Komunikasi Korporat

. Manajemen Media

.Manajemen Komunikasi Publik

 

MATA KULIAH WAJIB

.Perspektif dan Teori Komunikasi (3 SKS)

.Ekonomi Politik Komunikasi (3 SKS)

.Kebijakan Sosial dan Globalisasi (3SKS)

.Kebijakan dan Strategi Teknologi Informasi dan Komunikasi (3 SKS)

.Komunikasi Pemasaran Terpadu (3SKS)

.Metode Penelitian Komunikasi (3 SKS)

.Penulisan Ilmiah dan Seminar (3 SKS)

.Tesis (6 SKS)

 

MATA KULIAH PILIHAN

.Konsentrasi Manajemen Komunikasi Korporat :

  1. Manajemen Reputasi Korporat (3 sks)
  2. Proyek Komunikasi Korporat (3 sks)
  3. Manajemen Komunikasi Korporat (3 sks)

. Konsentrasi Manajemen Media :

  1. Ekonomi Media (3 sks)
  2. Proyek Jurnalisme Multimedia (3 sks)
  3. Manajemen Media (3 sks)

.Konsentrasi Manajemen Komunikasi Publik :

  1. Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan (3 sks)
  2. Proyek Komunikasi Publik (3 sks)
  3. Manajemen Komunikasi Publik (3 sks)

STAF PENGAJAR

Setiap mata kuliah diasuh oleh  sebuah tim pengajar baik kalangan akademsi maupun  praktisi. Adapun Staf  Pengajar  Program  Magister   Ilmu   Komunikasi, antara lain adalah:

  1. Prof. Dr. Mf. Shellyana Junaedi
    (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
  2. Prof. Suyoto, Ph.D.
    (Univeriti Kebangsaan Malaysia)
  3. Dr. Lukas S. Ispandriarno
    (Technische Universitat Ilmenau Jerman)
  4. Mario Antonius Birowo, Ph.D
    (Curtin University of Technology Australia)
  5. Dr. Yudi Perbawaningsih
    (Technische Universitat Ilmenau Jerman)
  6. Dr. Y. Argo Twikromo
    (Nijmegen University, Belanda)
  7. RA. Vita N. P. A., Ph. D
    (Monash University, Australia)
  8. Dr. MC. Ninik Sri Rezeki
    (Universitas Indonesia)
  9. Dr. G. Arum Yudarwati
    (Royal Melbroune Institute of Technology, Australia)
  10. Dr. Al. Wisnubroto,
    (Universitas Diponegoro Semarang)