Diskripsi Mata Kuliah


Deskripsi Mata Kuliah

HKN600:TEORI HUKUM (3 SKS)

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk pengendapan metodologis pada dasar dan latar belakang dalam mempelajari hukum dalam arti luas. Pengendapan metodologis di­la­ kukan­ dalam tiga kegiatan yuridis : hukum, praktek hukum (perundang-undangan dan peradilan) dan ilmu hukum. Permasalahan pokok adalah bagaimana hakim, pembentuk undang-undang dan ilmuwan bekerja serta metode apa yang digunakannya. Dalam hal ini perlu ditanamkan cara berpikir yuridis sistematis serta penguasaan tentang penemuan hukum.

HKN610: FILSAFAT HUKUM (2 SKS)

Filsafat hukum akan meninjau ajaran-ajaran tentang filsafat hukum di dunia yang ada sekarang, baik dari dunia barat maupun dunia timur. Di samping itu akan melihat secara konkrit penerapannya dalam masyarakat Indonesia. Berdasarkan ajaran-ajaran yang ada atau akan dicetuskan berusaha dianalisis secara yuridis keadaan pembangunan Indonesia masa kini (terutama pembangunan ekonomi) dan mencari legal way out apabila dalam proses pembangunan tersebut tercermin hambatan-hambatan. Dengan demikian diharapkan melalui filasafat hukum, proses pembanguan di kemudian hari akan berintikan kebenaran dan keadilan.

HKN620: SOSIOLOGI HUKUM (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan jalan bagi pemahaman secara sosiologis terhadap hukum. Melihat bagaimana konsep-konsep, adagia serta lembaga-lembaga hukum itu diwujudkan dalam kehidupan yang nyata. Sebagai kelengkapan pembahasan materi diuraikan pula perkembangan pemikiran sosiologi hukum, aliran-aliran yang ada serta perkembangannya di Indonesia sendiri.

HKN630: METODOLOGI PENELITIAN HUKUM (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan dasar penelitian pada umumnya dan penelitian hukum pada khususnya. Prinsip dasar penelitian pada umumnya antara lain meliputi hubungan antara ilmu pengetahuan dengan penelitian, pengertian, tujuan, manfaat, syarat, etika, jenis dan tahap serta langkah-langkah penelitian (mulai dari penentuan masalah sampai dengan penulisan hasil penelitian). Prinsip dasar penelitian hukum antara lain meliputi pengertian, tujuan, sasaran, macam penelitian hukum, perumusan masalah dalam kajian ilmu hukum normatif dan langkah kajian hukum empiris serta penulisan hasil penelitian hukum.

HKN640: SEJARAH HUKUM (2 SKS)

Mata kuliah Sejarah Hukum mengkaji perkembangan hukum dari masa lalu hingga masa kini, baik perkembangan hukum dalam sejarah dunia dari masa ke masa yang banyak mempengaruhi hukum di Indonesia maupun sejarah nasional Indonesia yang tumbuh dalam masyarakat Indonesia. Dalam materi sejarah hukum ini membahas mengenai pengertian sejarah hukum, rangkaian peristiwa yang mempengaruhi dan mengubah kehidupan masyarakat, dasar-dasar pemikiran hukum yang melandasinya dan hubungan kausal antar peristiwa yang terjadi dalam masyarakat.

HKN650: POLITIK HUKUM (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip yang dapat menetapkan tujuan dengan bentuk, isi dan penjabarannya. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi berbagai faktor antara lain: program legislasi nasional; analisis politik hukum yang berpengaruh dalam pembentukan dan penerapan hukum.

HKN700: HUKUM PERDAGANGAN INTERNASIONAL (2 SKS)

Dalam mata kuliah ini akan dibahas masalah-masalah dalam hukum dagang, hukum administrasi dan hukum transnasional sebagai akibat dipindahkannya barang-barang mealui batas-batas wilayah nasional suatu negara. Masalah-masalah tersebut berkaitan dengan perjanjian import eksport; pengangkutan barang melalui laut; asuransi dan LC; ketentuan administratif; kontrak dagang internasional; penyelesaian sengketa dagang; lembaga-lembaga yang berkaitan dengan perdagangan internasional. Hal lain yang juga menjadi pokok bahasan adalah bentuk pengawasan dari pemerintah, misalnya penggunaan tarif, qouta, GATT/WTO dan berbagai perjanjian perdagangan di antara negara-negara anggota ASEAN, APEC, NAFTA, dsb.

HKN710: PERANAN HUKUM DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI (2 SKS )

Matakuliah ini membahas tentang hubungan antara hukum dan ekonomi; hubungan antara hukum dan pembangunan; konsep pembangunan ekonomi; analisis ekonomi terhadap hukum.

HAG700: POLITIK HUKUMAGRARIA (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas perumusan kebijakan Hukum Agraria yang akan dan telah dilaksanakan secara nasional oleh Pemerintah mengenai bagaimana politik (kebijakan) mempengaruhi hukum agraria dengan cara melihat konfigurasi kekuatan yang ada di belakang pembuatan dan penegakan hukum agraria dengan tujuan menciptakan kondisi yang dapat mendukung terwujudnya tujuan hukum agraria. Politik hukum agraria mengatur hubungan hukum antara bangsa, negara dan masyarakat dengan sumber daya alamnya berdasarkan prinsip-prinsip yang mengarahkan pemerintah untuk mewujudkan tujuan Hukum Agraria dalam mengatur persediaan, peruntukan dan penggunaan sumber daya alamnya guna memenuhi kehidupan masyarakat yang terus berubah.

HAG705: SEJARAH PERKEMBANGAN HUKUMAGRARIA (2 SKS)

Matakuliah Perkembangan Hukum Agraria membahas tentang pengertian dan cabang-cabang Ilmu Hukum Agraria serta perkembangannya, meliputi antara lain pengertian, cabang ilmu hukum agraria, perkembangan hukum agraria sebelum penjajahan, setelah proklamasi, lahirnya UUPA serta pelaksanaannya, dan konsepsi hukum tanah nasional. Setelah mempelajari mata kuliah ini peserta diharapkan dapat mengetahui, memahami dan mengaplikasikan dalam praktek kehidupan sehari-hari menyangkut perkembangan hukum agraria.

MHP800: Hukum Perusahaan (3 SKS)

Matakuliah ini membahas tentang jenis perusahaan; kedudukan pengurus perusahaan; tanggung jawab perusahaan; harta perusahaan; merger; liquidasi; perbandingan hukum perusahaan.

MHP805: PENYUSUNAN KONTRAK BISNIS (2 SKS)

Mata kuliah Penyusunan Kontrak Bisnis membahas tentang perkembangan hukum kontrak dalam bidang bisnis serta memberi ketrampilan dalam kontrak drafting dan kontrak analisis khususnya dalam bidang bisnis. Setelah menempuh mata kuliah ini peserta diharapkan mengenal dan memahami macam-macam kontrak serta dapat menganalisa dan menyusun kontrak dalam bidang bisnis sehingga dapat mengaplikasikannya dalam praktek.

MHP810: PENYELESAIAN SENGKETA BISNIS (2 SKS)

Mata kuliah Penyelesaian Sengketa Bisnis untuk memberikan pemahaman yang lebih mendasar/mendalam serta menyeluruh tentang sengketa bisnis dan penyelesaiannya, sehingga setelah lulus mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan menganalisis secara teorotis serta menyelesaikan sengketa bisnis secara lebih menyeluruh, kritis dan sitematis.

MHP815: HUKUM PERSAINGAN & PERLINDUNGAN KONSUMEN (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip pembatasan praktek perdagangan; persaingan; anti monopoli; hak-hak konsumen; product liability; penyelesaian sengketa.

MHP820: Hukum Investasi dan Pasar Modal (3 sks)

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip dalam direct investment dan portofolio investment; emisi; legal opinion; tanggung jawab profesi; reksadana; transaksi portofolio. 

HBS825: Hukum Lingkungan (2 sks)

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip hukum dalam pengelolaan lingkungan; analisis mengenai dampak lingkungan; pencemaran; kewajiban perusahaan dalam menjaga lingkungan; kewajiban pengelola agraria dalam menjaga lingkungan; kewajiban Peme-rintah dan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan dan Perlindungan LH.

MHP830: HAK ATAS KEKAYAAN Intelektual & Alih Teknologi (3 sks)

Matakuliah ini membahas hak cipta; merek; paten; desain industri; sengketa hak milik intelektual; alih teknologi; perjanjian dalam bidang teknologi; konvensi-konvensi; TRIPs. 

MHP835: Hukum Perbankan (2 SKS)

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip perbankan; jasa pelayanan perbankan; bank sentral; transaksi perbankan; rahasia bank; kredit; tanggung jawab pihak-pihak dalam perbankan; transaksi elektronik; perbankan internasional.

MHP840: Etika Bisnis (2 sks)

Matakuliah ini memberikan nilai-nilai etika dan moral sebagai landasan bersikap dan berperilaku dalam bisnis dengan mengundang para pakar, rohaniwan, bisniswan dan budayawan. Penekanan pada penggalian nilai etika dan moral yang bersumber pada budaya luhur Bangsa Indonesia serta penerapannya pada praktek bisnis di Indonesia.

HBS850: HUKUM PAJAK (2 SKS)

Materi kuliah akan membahas tentang prinsip-prinsip Hukum Pajak dikaitkan dengan penarikan pajak dalam praktek baik dalam hukum bisnis dan dalam hukum lainnya.

HAP803: HUKUM PENATAAN RUANG (3 SKS)

Matakuliah ini membahas hal-hal yang terkait dengan penataan ruang, diantaranya meliputi pengertian penataan ruang, landasan hukum, asas-asas dan tujuan, hak dan kewajiban, perencanaan dan pemanfaatan, pengendalian, rencana tata ruang wilayah, propinsi, kabupaten/ kotamadya, wewenang dan pembinaan pemerintah dalam penataan ruang, penerapan rencana tata ruang dalam pembangunan.

HAP810: SISTEM ADMINISTRASI PERTANAHAN (3 SKS)

Matakuliah ini merupakan salah satu bidang tata laksana pertanahan yang menye­ lenggarakan fungsi perumusan kebijakan tata laksana dan pelayanan pengurusan hak-hak atas tanah. Bidang pengurusan hak-hak atas tanah ini berfungsi melaksanakan peraturan perundang-undangan di bidang pertanahan yang mengatur pengurusan hak-hak atas tanah yaitu mengurus pemberian, perpanjangan jangka waktu, pembaharuan, perlaihan, pembebanan, penghentian dan pembatalan hak-hak atas tanah. Di samping itu juga mengurus dan mengawasi pengadaan tanah untuk pembangunan hukum di bidang pertanahan dan kegiatan penertiban hak atas tanah.

HAP815: PEMILIKAN DAN PENGUASAAN TANAH (3 SKS)

Mata kuliah Pemilikan dan Penguasaan Tanah membahas ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur tentang pemilikan dan penguasaan tanah menurut hukum tanah nasional, meliputi antara lain: istilah, macam, kewenangan, subyek, timbulnya pembebanan, hapusnya, dan sebagainya. Setelah mengikuti mata kuliah ini, peserta diharapkan dapat mengetahui, memahami, dan mengaplikasikan dalam praktek kehidupan sehari-hari menyangkut pemilikan dan penguasaan tanah.

HAP825: PERBANDINGAN HUKUM AGRARIA (2 SKS)

Mata kuliah ini memperkenalkan hukum agraria (khususnya hukum pertanahan) negara-negara lain. Pembahasan meliputi antara lain sejarah perkembangan hukum agraria, dasar-dasar hukum agraria dan aturan hukum tentang pemilikan dan penguasaan tanah, politik agraria. Selain itu akan dibahas tentang organisasi regional Uni Eropa dengan Komisi Agrarianya, yang keputusan-keputusannya mempunyai pengaruh besar terhadap negara-negara anggota dalam mengambil kebijakan agraria (khususnya pertanahan). Selanjutnya akan dibahas, dianalisis, dan dikaitkan dengan aspek-aspek penting hukum agraria Indonesia.

HTN815: LEGISLATIVE DRAFTING (3 SKS)

Materi ini membahas tentang langklah, cara penyusunan dan perumusan suatu peraturan baik yang berlaku di tingkat pusat maupun tingkat daerah. Sehingga diharapakn para mahasiswa setelah menyelesaikan studinya mampu membuat rumusan peraturan baik dilingkungan kerja maupun dalam pemerintahan.

HTN820: HUKUM DAN KEARIFAN LOKAL (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan gambaran dan kejelasan tentang keselarasan antara hokum yang berlaku dalam masyarakat sebagai hokum positif diakitan dengan norma-norma kearifan local yang tetap dipertahankan oleh masyarakat.

HTN850: PERJANJIAN INTERNASIONAL (2 SKS)

Mata Kuliah ini akan membahasa tentang proses pembuatan suatu perjanjian inter­ nasional, para pihak yang terlibat dalam pembuatan perjanjian internasional, daya ikatnya, pelaksanaan, perubahan, interpretasi, revisi dan berakhirnya suatu perjanjian internasional

HTN823: PENYELESAIAN SENGKETA KETATANEGARAAN (3 SKS)

Mata kuliah Penyelesaian Sengketa Hukum untuk memberikan pemahaman yang lebih mendasar/mendalam serta menyeluruh tentang sengketa hukum dan penyelesaiannya, sehingga setelah lulus mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan menganalisis secara teorotis serta menyelesaikan sengketa hukum secara lebih menyeluruh, kritis dan sitematis.

HTN800: HUKUM DESENTRALISASI & OTONOMI DAERAH (2 SKS)

Mata kuliah yang memberikan dasar-dasar tentang peraturan desentralisasi dan kewenangan otonomi daerah yang selaras dengan sumber daya yang ada di daerah.

HTN835: HUKUM PERBENDAHARAAN DAN KEUANGAN NEGARA (3 SKS)

Mata kuliah yang membahas tentang teori-teori yang terkait dengan hukum keuangan negara, kebijakan penganggaran dan prinsi-prinsip di dalam pengelolaan keuangan Negara.

HTN825: ETIKA BIROKRASI PEMERINTAHAN (2 SKS)

Materi yang dibahas mengenai sistem organisasi pemerintahan dan kebijakan pemerintahan, mengkaji etika, struktur, system dalam pengelolaan system pemerintahan

HLT701: Sistem Peradilan Di Indonesia (2 sks)

HLT702: Perbandingan Sistem Peradilan (2 sks)

HAG821: Hukum Pertambangan (2 sks)

HAG822: Hukum Sumber Daya Air (2 sks)

HAG823: Hukum Kehutanan (2 sks)

HTN821: Perbandingan Sistem Ketatanegaraan (2 sks)

HTN822: Pengujian Peraturan Perundang-Undangan (2 sks)

HLT710: Penegakan HAM (3 sks)

HLT711: Pemberantasan Korupsi (3 sks)

HLT712: Eksaminasi putusan (2 sks)

HLT713: Ilmu Pengetahuan Forensik (2 sks)

HLT714: Penyelesaian Sengketa Hak-Hak Masyarakat Hukum Adat (2 sks)

HLT715: Sistem Sanksi/Hukuman (2 sks)

HLT716: Cyber Law (2 sks)

HLT717: Hukum dan Keadilan Sosial (2 sks)

HKN900: Tesis (6 sks)

Karya akhir berupa laporan hasil penelitian tentang persoalan hokum, bersifat meng­ evaluasi dan/atau mengembangkan ilmu hukum, khususnya dalam bidang litigasi, hukum bisnis, hukum agraria, dan/atau hukum ketatanegaraan.