Diskripsi Mata Kuliah


DISKRIPSI MATA KULIAH

KEU810 ANALISIS INVESTASI & MANAJEMEN RISIKO (3 SKS)

Memberikan landasan teori dan pertimbangan praktis yang diperlukan dalam pembentukan dan manajemen investasi portofolio. Topik meliputi efisiensi pasar modal, pemilihan investasi dan evaluasi penampilan portofolio, teori CAPM dan APT. Penekanan ada pada saham biasa, tetapi obligasi, option dan futures juga dibahas.

AKT710 AKUNTANSI MANAJERIAL (3 SKS)

Interpretasi dan penggunaan laporan akuntansi dan informasi pelengkap untuk perencanaan, koordinasi dan pengawasan manajemen. Penerapan pembatasan data akuntansi sebagai input dalam model-model keputusan manajemen yang bersifat alternatif pilihan. Pertimbangan hubungan antara biaya, volume dan profit, penganggaran yang fleksibel, biaya standar, biaya variabel atau langsung, harga transfer dan penilaian penampilan dari segmen-segmen dalam perusahaan.

 KEU840 ANALISIS SEKURITAS (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pengenalan tentang prinsip dan metode analisis sekuritas. Topik yang dibahas antara lain: volatilitas harga saham, nilai hakiki dan harga sekuritas, perilaku pasar dan psikologi pemodal, analisis pasar modal dan ekonomi analisis industri, analisis perusahaan peramalan EPS serta technical analysis. Selain itu, akan dibahas pula konsep penilaian dan strategi sekuritas turunan (derivative securities) option dan futures.

EBU810 E-BISNIS (3 SKS)

Matakuliah ini membahas konsep, strategi, teori dan aplikasi teknologi informasi, termasuk penggunaan web, electronic mail dan media elektronik lain dalam pengelolaan usaha bisnis. Dengan mata kuliau ini mahasiswa diharapkan mampu memahami perbedaan berbagai model yang dapat digunakan dalam lingkungan elektronik serta mampu mengevaluasi paradigma baru dan lama dalam pengelolaa usaha bisnis.

EBU800 E-MARKETING (3 SKS)

Matakuliah ini memberi bekal dasar bagi mahasiswa untuk memahami internet marketing. Dengan pengenalan konsep Internet sebagai alat untuk mengembangkan pemasaran mahasiswa diharapkan mampu untuk mengevaluasi segala keuntungan dan kerugian Internet sebagai pilihan bisnis dan pemasaran.

MAN760 ETIKA BISNIS (2 SKS)

Memberikan nilai-nilai etika dan moral sebagai landasan bersikap dan berperilaku dalam bisnis. Menggunakan metoda Kuliah Umum dengan mengundang para pakar, rohaniwan, bisniswan dan budayawan. Penekanan pada penggalian nilai etika dan moral yang bersumber pada budaya luhur Bangsa Indonesia serta penerapannya pada praktek bisnis di Indonesia.

KEU820 INSTITUSI DEPOSITORI & PASAR MODAL (3 SKS)

Mempelajari manajemen bank umum (institusi depositori) dari sudut pandang manajer (a top/ bottom point of view). Topik meliputi manajemen aktiva dan pasiva, peraturan perbankan, manajemen likuiditas dan investasi, struktur modal dan strategi perbankan, sejarah perbankan dan fungsi bank sentral. Mengikuti perkembangan dan trend dunia perbankan dengan cara mengundang praktisi di bidang tersebut untuk memberikan kuliah yang bertema masalah-masalah perbankan

KULIAH UMUM (0 SKS)

Kuliah yang diberikan terutama oleh para praktisi atau pelaku bisnis. Membahas topik-topik bisnis yang up to date dan kiat para enterpreneur dan manajer yang berhasil. Memberikan gambaran tentang bagaimana teori bisnis dipraktekkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

KEU700 MANAJEMEN KEUANGAN (3 SKS)

Fungsi keuangan dalam perusahaan dan perekonomian; analisis, perencanaan dan pengawasan keuangan; keputusan investasi jangka panjang, penilaian struktur keuangan, manajemen modal kerja, keputusan pembelanjaan jangka panjang, penilaian dalam merger dan penyesuaian kembali perusahaan. Membahas teori keuangan dan penerapan teori ini kedalam keputusan bisnis.

KEU800 MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL (3 SKS)

Teori keuangan bisnis yang diterapkan dalam operasi perusahaan multinasional; pengawasan dan analisis keuangan dari keputusan investasi luar negeri; manajemen modal kerja; pasar modal dan pasar kredit internasional; manajemen risiko fluktuasi nilai tukar uang asing; penganggaran modal untuk perusahaan multinasional; problem khusus tentang akuntansi dan tren dalam moneter internasional.

PMS720 MANAJEMEN OPERASI (3 SKS)

Pengenalan terhadap berbagai bentuk sistem produksi dalam organisasi yang berorientasi pada produk dan jasa. Sasarannya adalah menggali hubungan antara fungsi manajemen operasi dengan fungsi-fungsi manajemen lain dalam perusahaan dan pertimbangan-per-timbangan yang menyertai pemilihan suatu sistem produksi tertentu.

MAN700 MANAJEMEN PEMASARAN (3 SKS)

Memberikan dasar metoda pemasaran dan analisis kebutuhan konsumen, segmentasi pasar, pengembangan produk, penetapan harga, distribusi dan komunikasi pemasaran yang merupakan komponen-komponen dari formulasi strategi pemasaran.

PMS800 MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL (3 SKS)

Manajemen pemasaran untuk pasar internasional membahas tentang manajemen bauran pemasaran untuk perusahaan multi nasional dan perusahaan domestik yang memasarkan produk secara internasional. Topik meliputi: siklus daur produk internasional, strategi mema-suki pasar internasional, lingkungan pemasaran internasional dan strategi, dan program pemasaran internasional.

MAN740 MANAJEMEN STRATEGIK (3 SKS)

Pendekatan integral terhadap perumusan kebijaksanaan umum dalam bisnis. Kerangka dan perumusan disediakan melalui 3 metoda pengajaran: 1. kasus-kasus untuk diskusi; 2. bahan bacaan yang menerangkan perkembangan terakhir dalam bidang bisnis; dan 3. kuliah dengan topik-topik pemerintahan, ekonomi dan sosial yang mempengaruhi perumusan kebijaksanaan dan strategi bisnis perusahaan.

MAN735 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (3 SKS)

Membahas berbagai konsep manajemen sumber daya manusia (SDM) baik strategik maupun operasional, menjembatani keterpaduan antara sistem SDM dengan sistem lain dalam organisasi, dan mengaplikasikan manajemen SDM dalam perusahaan modern. Topik meliputi: peran SDM dalam manajemen strategik organisasi modern; struktur dan manajemen SDM; pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja; evaluasi pekerjaan; pengembangan karir; dan hubungan industrial.

MAN800 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas pandangan strategis organisasi dari perspektif manajemen sumber daya manusia sebagai driver bagi fungsi pengembangan sumber daya manusia, khususnya penciptaan fokus pada kinerja dan pengembangan strategis seluruh organisasi.

MAN770 METODOLOGI PENELITIAN BISNIS (2 SKS)

Matakuliah ini diberikan agar mahasiswa memiliki ketrampilan untuk melakukan penelitian tesis yang dilakukan secara mandiri. Dalam matakuliah ini dibahas berbagai metode dan prosedur penelitian yang dapat diterapkan pada bidang bisnis dan manajemen.

PMS810 PEMASARAN STRATEGIK (3 SKS)

Analisis kasus-kasus manajemen pemasaran. Menggunakan metoda studi kasus, diskusi kelompok dan penyusunan laporan. Penekanan pada pembahasan kasus pemasaran di Indonesia dan kasus pemasaran di luar negeri yang relevan dengan kondisi bisnis di Indonesia.

PENULISAN TESIS (6 SKS)

Peserta program melakukan suatu analisis terhadap satu dari beberapa aspek bisnis dan manajemen yang menarik dari suatu perusahaan seperti : Bidang pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, manajemen strategik, perilaku organisasi. Hasil analisis disusun dalam suatu laporan akhir dengan format yang telah ditentukan.

PMS830 PERILAKU KONSUMEN (3 SKS)

Analisis terhadap teori dan model perilaku yang mendasari proses pengambilan keputusan konsumen. Penerapan faktor-faktor psikologis, sosiologis dan sosio-psikologis dalam pemasaran.

PMS820 RISET PEMASARAN (3 SKS)

Suatu tinjauan umum terhadap proses riset pemasaran dari perspektif metodologis. Topik meliputi: desain riset, prosedur pengumpulan data, pengambilan sampel dan analisis data.

KEU830 SEMINAR KEUANGAN & MANAJEMEN BANK (3 SKS)

Analisis kasus-kasus manajemen keuangan perusahaan dan perbankan. Menggunakan metoda studi kasus, diskusi kelompok dan penyusunan laporan. Penekanan pada pem-bahasan kasus keuangan pada perusahaan domestik dan kasus perusahaan asing yang relevan dengan kondisi bisnis di Indonesia.

MAN710 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (2 SKS)

Memberikan konsep “sistem total” dalam pengolahan informasi bisnis dan peranan komputer sebagai alat manajemen. Pendekatan sistem total didesain untuk memperlihatkan bagaimana kombinasi dari perangkat keras komputer, program aplikasi, data perusahaan, prosedur dan personil menghasilkan suatu sistem yang terpadu untuk mengolah informasi dalam suatu organisasi.

PMS840 STRATEGI PROMOSI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN (3 SKS)

Mata kuliah ini secara umum membahas fungsi komunikasi dalam pemasaran. Dasar matakuliah ini adalah perencanaan pemasaran strategik dan perilaku konsumen, dan kemudian diarahkan untuk mengembangkan bauran promosi, seperti periklanan promosi penjualan dan hubungan kemasyarakatan. Berbagai metode komunikasi ini dipandang sebagai variabel yang dapat digunakan secara interaktif untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran strategik. Pemahaman tentang periklanan adalah topik yang utama dalam matakuliah ini meskipun perannya dapat dipandang sebagai suatu strategi organisasi secara keseluruhan. Strategi-strategi untuk produk-produk konsumen, produk-produk industri, jasa dan organisasi nir-laba akan dibahas pula. Analisis kompetitif tentang media, penganggaran, strategi kreatif, alokasi bauran promosi, perencanaan dan evaluasi media.

MAN730 TEORI ORGANISASI (3 SKS)

Sikap dan perilaku kerja karyawan pada suatu organisasi. Analisis tentang bagaimana karak-teristik individu, kelompok dan organisasi mempengaruhi sikap kerja karyawan, seperti:

kepuasan dan keterasingan, dan perilaku karyawan, seperti: partisipasi dan kinerja. Bagaima-na praktek dan kebijaksanaan manajerial seperti sistem kompensasi dan kepemimpinan mempengaruhi sikap dan perilaku kerja.

CHARACTER BUILDING (0 SKS)

Pada training ini, mahasiswa dilatih untuk dapat menanggapi situasi sulit dunia kerja dengan sikap yang unggul. Selain ketrampilan, faktor terpenting yang mempengaruhi sikap adalah karakter. Oleh karena itu sangatlah perlu bagi para mahasiswa yang akan menduduki posisi atau jabatan tertentu memiliki karakter yang unggul sehingga dapat menanggapi berbagai situasi sulit di dunia kerja dengan baik. Aspek yang digali dalam training ini adalah motivasi, semangat kerja, disiplin dan sense of ownership.

COMPANY VISIT (0 SKS)

Company visit adalah program yang dirancang untuk memberi kesempatan para mahasiswa Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk memperoleh sebuah penga-laman/pengayaan pengetahuan akademik melalui studi kasus di institusi/korporasi yang dikunjungi (semua biaya – transportasi dan akomodasi – ditanggung oleh mahasiswa).