Diskripsi Mata Kuliah


Deskripsi Mata Kuliah

METODOLOGI PENELITIAN ARSITEKTUR (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk: (1) membahas secara detail metoda-metoda yang dipakai dalam riset arsitektural, (2) melatih mahasiswa melakukan riset di bidang arsitektur, (3) melatih mahasiswa mengembangkan riset spesifik untuk menemukan konsep-konsep yang akan melandasi desain.

 

STUDIO DESAIN PROYEK (3 SKS)

Matakuliah ini dipersiapkan untuk: (1) mendiskusikan metoda perancangan arsitektur secara detail, (2) melatih peserta melakukan penelitian untuk mengawali desain arsitektur, (3) melatih peserta memanfaatkan program komputer untuk metoda desain arsitektur.

STUDIO DESAIN LANJUT (3 SKS)

Matakuliah ini dipersiapkan untuk: (1) mendiskusikan proyek arsitektur komprehensif berdasarkan pertimbangan makro, (2) melatih peserta melakukan penelitian untuk mendahului sebuah desain, (3) melatih peserta memanfaatkan program komputer dalam desain arsitektur.

DESAIN AKUSTIK ARSITEKTUR LANJUT (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang: (1) untuk membahas aspek-aspek kuantitatif (fisika, standar kesehatan-kenyamanan, teknologi, dll.) dan kualitatif (filosofi,estetik, budaya, dll.) dalam akustik arsitektural baik alami maupun buatan, (2) untuk melatih mahasiswa melakukan riset sederhana guna mengembangkan konsep-konsep desain akustik arsitektural, (3) untuk melatih mahasiswa memanfaatkan program komputer dalam proses desain akustik arsitektural.

DESAIN PENCAHAYAAN ARSITEKTUR LANJUT (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang: (1) untuk membahas aspek-aspek kuantitatif (fisika, standar kesehatah-kenyamanan, teknologi, dll.) dan kualitatif (filosofi, estetik, budaya, dll.) dalam pencahayaan arsitektural baik alami maupun buatan, (2) untuk melatih mahasiswa melakukan riset sederhana guna mengembangkan konsep-konsep desain pencahayaan arsitektural, (3) untuk melatih mahasiswa memanfaatkan program komputer dalam proses desain pencahayaan arsitektural.

DESAIN PENGHAWAAN ARSITEKTUR LANJUT (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang: (1) untuk membahas aspek-aspek kuantitatif (fisika, standar kesehatah-kenyamanan, teknologi, dll.) dan kualitatif (filosofi, estetik, budaya, dll.) dalam penghawaan arsitektural baik alami maupun buatan, (2) untuk melatih mahasiswa melakukan riset sederhana guna mengembangkan konsep-konsep desain penghawaan arsitektural, (3) untuk melatih mahasiswa memanfaatkan program komputer dalam proses desain penghawaan arsitektural.

DESAIN STRUKTUR DAN KONSTRUKSI ARSITEKTUR LANJUT (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang: (1) untuk membahas aspek-aspek kuantitatif (kekuatan, teknologi, dll.) dan kualitatif (filosofi,estetik, budaya, dll.) dalam struktur dan konstruksi, (2) untuk melatih mahasiswa melakukan riset sederhana guna mengembangkan konsep-konsep desain struktur dan konstruksi arsitektural, (3) untuk melatih mahasiswa memanfaatkan program komputer dalam proses desain struktur dan konstruksi arsitektural.

MANAJEMEN DAN ANALISIS ENERGI BANGUNAN (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang: (1) untuk membahas proyek arsitektural komprehensif yang berlandaskan analisis energi bangunan, (2) untuk melatih mahasiswa melakukan riset mendahului sebuah desain, (3) untuk melatih mahasiswa memanfaatkanberagam program komputer secara komprehensif dalam merancang karya arsitektural yang berbasis pada manajemen energi pada bangunan.

KECERDASAN BUATAN ARSITEKTUR (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan teknologi digital untuk penelitian dan disain arsitektural.

TESIS (6 SKS)

Tesis adalah tugas akhir mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menciptakan karya-karya arsitektural yang komprehensif, meliputi riset, pembahasan kualitatif dan kuantitatif, dan pemanfaatan program komputer secara ekstensif.