Mata Kuliah Inti


Studi Mandiri (3 SKS)
Mata Kuliah ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa pascasarjana untuk mengeksplorasi topik – topik di bidang Teknologi Informasi sesuai dengan minat antara mahasiswa dan kompetensi pengajar. Topik bersifat personal dan merujuk berbagai publikasi ilmiah, khususnya jurnal bereputasi dengan klasifikasi Q1 dan Q2.
Para mahasiswa akan dibimbing untuk mencari, memahami dan merekonstruksi pengetahuan yang diperlukan pada bidang yang diminati, lebih lanjut dengan kuliah ini diharapkan mahasiswa menemukan dan mempunyai passion dalam pengerjaan thesis dan publikasi ilmiahnya.

Kecerdasan Komputasional (3 SKS)
Matakuliah ini dirancang supaya mahasiswa memahami tentang aspek-aspek komputasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun topik bahasannya adalah jaringan saraf tiruan, logika fuzzy, kecerdasan evolusionari (algoritma evolusionari, algoritma genetika), serta kecerdasan swarm (ant colony, particle swarm optimization).

Pengembangan Piranti Bergerak (3 SKS)
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan hal-hal yang terkait dengan berbagai aspek yang terkait dengan perancangan sistem e/m-Bisnis dengan piranti bergerak. Materi yang diberikan meliputi solusi piranti bergerak, permasalahan umum, virtual environments, sistem operasi (Android, iPhone, dll), IoT dan topik terkini yang terkait dengan piranti bergerak.

Sistem Informasi Korporat (3 SKS)
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan penerapan strategis Teknologi Informasi (IT) ke dalam fungsi-fungsi bisnis dalam suatu enterprise. Penerapan Strategis mengimplikasikan fungsi-fungsi bisnis diintegrasikan dengan fungsi IT termasuk pada pengembangan strategi dan tujuan bisnis enterprise, dimana kesuksesannya tergantung pada penerapan strategis ini.

Metodologi Penelitian (3 SKS)
Mengenalkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan teknik – teknik dalam melaksanakan penelitian ilmiah, khususnya yang berkaitan dengan dunia Teknologi Informasi, yaitu: lingkungan, penggunaan dan obyektif dari riset dan pelaporan; kompleksitas dari perencanaan, pengorganisasian dan drafting dari sebuah laporan penelitian; bagaimana membaca laporan penelitian dari perspektif pembaca, mendiagnosa bagian yang dianggap sulit dan bagaimana cara merevisi secara cepat dan efisien; serta menyiapkan mahasiswa dalam menyusun tesis

Tesis (6 SKS)

Tesis adalah karya tulis yang mendokumentasikan hasil penelitian yang mencakup tinjauan analitis, aspek komputasi dan teknologi dari obyek yang diteliti, sesuai dengan tujuan penelitian. Sekalipun tidak sepenuhnya karya asli, unsur kontribusi ilmiah harus nyata.

Di dalam Tesis ini terangkum pula kegiatan, Ujian Tesis

Ujian tesis adalah ujian penelitian mahasiswa yang tertulis di dalam dokumen Tesis, sebagai syarat kelulusan. Ujian bersifat oral di hadapan Tim Penguji yang terdiri atas Pembimbing Tesis dan dosen lain yang ditunjuk.

Publikasi Penelitian

Publikasi berupa ringkasan tesis S2 atau bagian dari tesis/riset S2 dari mahasiswa yang bersangkutan beserta dosen pembimbingnya. Publikasi penelitian ini harus di-submit ke seminar atau journal yang berskala nasional/internasional sesuai kriteria. Kriteria minimal adalah dipublikasikan di dalam seminar nasional atau journal ter-akreditasi B, atau daftar seminar/journal yang diakui oleh Program Pascasarjana Magister Informatika UAJY. Publikasi Penelitian ini adalah sebagai syarat untuk menempuh Ujian Tesis (ada letter of acceptance dari penyelenggara seminar atau journal).

Character Building (0 Sks)

Pada training ini, mahasiswa dilatih untuk dapat menanggapi situasi sulit dunia kerja dengan sikap yang unggul. Selain ketrampilan, faktor terpenting yang mempengaruhi sikap adalah karakter. Oleh karena itu sangatlah perlu bagi para mahasiswa yang akan menduduki posisi atau jabatan tertentu memiliki karakter yang unggul sehingga dapat menanggapi berbagai situasi sulit di dunia kerja dengan baik. Aspek yang digali dalam training ini adalah motivasi, semangat kerja, disiplin dan sense of ownership. Sebagian training dilaksanakan dalam bentuk program Outward Bound.

Workshop (0 Sks)

Workshop adalah program yang dirancang untuk memberi kesempatan para mahasiswa Magister Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk memperoleh sebuah pengalaman/pengayaan pengetahuan akademik melalui studi kasus (semua biaya – transportasi dan akomodasi – ditanggung oleh mahasiswa).

Kuliah Umum (0 Sks)

Kuliah umum wajib diikuti semua mahasiswa MINF minimal 3 kali selama masa studi. Kuliah umum berfungsi menambah wawasan mahasiswa mengenai keilmuan lintas program studi. Materi kuliah umum bebas dipilih oleh mahasiswa, yang meliputi materi semua prodi yang ada di Progam Pascasarjana UAJY.