Mata Kuliah Pilihan Bebas


MATA KULIAH PILIHAN BEBAS DARI PRODI MINF

Komputasi Numerik (3 SKS): Mata kuliah ini merupakan kombinasi dari ilmu komputer dan matematika sehingga mata kuliah ini menekankan pada pemahaman tentang algoritma metode numerik untuk penyelesaian masalah di bidang sains, rekayasa, ekonomi dan kedokteran. Kuliah ini meliputi penyelesaian system persamaan linear dan nonlinear, interpolasi dan data fitting, diferensiasi dan integral numerik, solusi numerik persamaan differensial biasa.

Gamification (3 SKS): Matakuliah ini memperkenalkan prinsip dan elemen dasar dari gamification dan implementasinya pada berbagai area dan bidang yang terkait dengan pemanfaatan sebuah teknologi informasi.

Riset kuantitatif pada teknologi Informasi (3 SKS): Matakuliah ini memperkenalkan desain dan pendekatan riset kuantitatif pada topik penerimaan teknologi meliputi bagaimana menyusun sebuah kuisioner, menentukan sampel data, menganalisa dan mempersiapkan data, hingga mengolah dan menginterpretasikan data. Pada matakuliah ini, mahasiswa tidak hanya akan diperkenalkan kepada riset berbasis explanatory saja, tetapi juga riset kuantitatif berbasis exploratory. Diharapkan melalui matakuliah ini, mahasiswa dapat belajar membuat sebuah riset kuantitatif yang diarahkan kepada publikasi ilmiah.

Pemodelan dan Simulasi (3 SKS): Mata kuliah ini memberikan tentang pemahaman pemodelan dan simulasi fenomenana fisis yang terjadi di alam seperti formasi pola biologi, aliran fluida, perpindahan panas, getaran dan perambatan gelombang akustik maupun elektromagnetik. Penekanan diutamakan pada pemahaman algoritma solusi numerik dari model matematika yang mendeskripsikan fenomena fisis tersebut serta implementasi ke dalam program komputer. Adapun persamaan model matematika dapat berupa persamaan differensial biasa dan parsial dan metode numerik yang digunakan untuk diskretisasi adalah metode Beda Hingga (finite-difference method).

Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut (3 SKS): Mata Kuliah ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai praktik – praktik yang dilakukan dalam rekayasa perangkat lunak tingkat lanjut. Topik yang dipelajari termasuk pemrograman berorientasi obyek, arsitektur perangkat lunak, pola desain, keamanan, pemrograman berorientasi aspek, dan topik – topik tingkat lanjut lainnya yang berkaitan dengan rekayasa perangkat lunak modern.

Pengolahan Citra (3 SKS): Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan sistem yang menerapkan metode dan teknik pengolahan citra. Matakuliah ini berisi pengantar pengolahan citra, operasi piksel, operasi geometrik, kawasan frekuensi, morfologi, operasi biner, segmentasi citra, restorasi citra, ekstraksi fitur citra, dan aplikasinya.

Teknologi Informasi dalam Tata Pemerintahan (3 SKS): Matakuliah ini berfokus kepada pembahasan dukungan teknologi informasi untuk para penyelenggara pemerintahan. Dibahas pula pengembangan sistem informasi kependudukan, sumberdaya alam, statistika kegiatan ekonomi dan industri, sebagai basis bagi perumusan kebijaksanaan dalam mewujudkan kesejahteraan umum.

Desain Inovasi dan Sistem Informasi (3 SKS): Matakuliah ini berfokus kepada pembahasan ruang lingkup, analisis masalah, dan metode pemecahan masalah dalam desain engineering meliputi digitalisasi desain produk basis computer aided reverse engineering system (CARE system), reverse Engineering dan penelitian terkait, dan teknik optimasi.

Kapita Selekta (3 SKS): Matakuliah ini mengakomodasi perkembangan keilmuan dan topik di bidang informatika dan teknologi informasi yang relatif baru dan terus berkembang.Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari topik-topik terbaru tersebut dan belajar untuk membuat usulan penelitian berbasis topik topik terbaru dan teraktual pada bidang informatika dan teknologi informasi.