Mata Kuliah Konsentrasi


MATA KULIAH KONSENTRASI

MATA KULIAH KONSENTRASI SOFT COMPUTING Kecerdasan Komputasional (3 SKS)

Kecerdasan Komputasional adalah bidang kajian yang secara khusus menyoroti unsur pembelajaran dalam memecahkan suatu persoalan konkret manusia. — Pembelajaran itu dapat melalui model pendekatan jaringan syaraf tiruan, simulasi proses evolusi biologis, perilaku hewan (misalnya ’ant colony’), algoritma genetik, seraya menyadari adanya unsur fuzzy dan ketidak-pastian yang melekat di dalamnya.

Pengolahan Citra (3 SKS)

Peningkatan citra. Analisis (penguraian) citra. Ekstraksi ciri: transformasi spatial, penetapan bentuk dan batas obyek. Segmentasi: sablon, pengembangan dan tekstur berbasis wilayah. Konstruksi citra. Studi kasus.

 

MATA KULIAH KONSENTRASI MOBILE COMPUTING Perancangan Kapasitas m-Bisnis (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan hal-hal yang terkait dengan berbagai aspek yang terkait dengan perancangan kapasitas dari suatu sistem m-Bisnis. Materi yang diberikan meliputi bagaiamana memodelkan perilaku pengguna m-Bisnis, bagaimana memodelkan arsitektur dan infrastruktur sistem, dan lain-lain.

Proteksi & Keamanan Sistem m-Bisnis (3 SKS)

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep sistem m-bisnis dan pengamanannya, sehingga mampu mengidentifikasi layanan, ancaman, serangan, dan model keamanan yang sesuai untuk m-bisnis. Pembahasan meliputi konsep keamanan sistem, aplikasi dan konten; konsep komunikasi data, kriptografi, pengamanan data di media penyimpan dan media transmisi baik pada jaringan wired maupun wireless, proses otentifikasi, pembatasan akses jaringan, penanganan malware, serta implementasinya dalam m-bisnis.

 

MATA KULIAH KONSENTRASI ENTERPRISE INFORMATION SISTEM Perangkat Lunak Enterprise dan Pengintegrasiannya (3 SKS)

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai Perangkat Lunak

Transaksional dalam skala Enterprise dan mekanisme Integrasi antar perangkat lunak tersebut untuk kebutuhan lebih lanjut. Mata kuliah disertai dengan hands on lab untuk perangkat lunak terkemuka seperti SAP, Oracle Business Suite dll.

Teknologi Informasi dalam Manajemen Rantai Pasok (3 SKS)

Matakuliah terdiri atas 3 bagian. Pada bagian pertama dibahas azas-azas yang berlaku dalam sistem rantai pasok barang produksi dan konsuM.Si. Bagian kedua membahas dukungan teknologi agar pasokan dapat terselenggara secara efisien dan efektif (’faster and leaner’). Aspek teknologi informasi untuk pengendalian inventori juga dibahas. Selanjutnya pada bagian ketiga dibahas masalah rantai pasok sebagai persoalan optimisasi.