Mata Kuliah Pilihan Bebas


MATA KULIAH PILIHAN BEBAS DARI PRODI MTF

e-Bisnis (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan teori dan aplikasi e-Bisnis. Pembahasan meliputi perkembangan terkini dari e-Business, karakteristik produk dan pasar elektronik, infrastruktur internet, fenomena harga, proteksi hak cipta, model web business, sistem pembayaran elektronik, customer support dan keamanan.

Grafika dan Animasi (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan teori dan implementasi grafika dan animasi di dunia industri. Pembahasan meliputi pengenalan grafika dan animasi, transformasi objek dua Dimensi (2D) dan tiga Dimensi (3D), penggambaran objek 2D dan 3D, implemtasi grafika dengan OpenGL, dan implementasi animasi dengan Adobe Flash/Director, serta studi kasus.

Interaksi Manusia dan Komputer Lanjut (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan aspek teori dan implementasi yang terkait dengan interaksi manusia dan komputer lanjut. Materi yang diberikan meliputi bebagai model interaksi manusia dan komputer lanjut seperti virtual dan augmented reality user interfaces, mobile user interfaces, dan lain-lain serta proses perancangan dan evaluasinya

Multimedia Cerdas (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dasar multimedia, elemen-elemen pembentuk sistem multimedia, meliputi pengertian dasar dan strategi design terkait elemen teks, gambar, suara, animasi, dan video serta proses pembangunan sebuah aplikasi yang menggabungkan unsur kecerdasan komputer dengan elemen-elemen multimedia.

Perencanaan Strategis SI Korporat (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang proses perencanaan strategis sistem informasi korporat. Perencanaan strategis sistem informasi merupakan salah satu komponen dalam perencanaan bisnis atau organisasi, sehingga harus diintegrasikan dalam rencana bisnis tersebut. Dengan demikian perencanaan sistem informasi harus merupakan bagian dari perencanaan bisnis organisasi. Pembahasan

meliputi : Pengertian perencanaan strategik sistem informasi korporat, peranan SI dalam organisasi, pemanfaatan strategis sistem informasi, Kerangka Strategis, faktor-faktor penting, strategi bisnis dan implikasi pada strategi IS/T strategi bisnis dan implikasi pada strategi IS/T, Tools analisis, Mengelola portofolio Struktur organisasi, Evaluasi investasi ITdan langkah-langkah, penetapan prioritas dan langkah-langkah, benefit management, Strategi layanan IT, strategi penyediaan dan pengembangan aplikasi, pengelolaan infrastruktur IT.

Teknologi Informasi dalam Tata Pemerintahan (3 SKS)

Hakekat memerintah (’governing’) sebagai upaya penyelenggaraan kepentingan ber-sama demi kesejahteraan bersama. Dukungan teknologi informasi untuk para penye-lenggara pemerintahan. Dibahas pula pengembangan sistem informasi kependudukan, sumberdaya alam, statistika kegiatan ekonomi dan industri, sebagai basis bagi peru-musan kebijaksanaan dalam mewujudkan kesejahteraan umum. Matakuliah ditawarkan sebagai pendamping bagi matakuliah yang ditawarkan di program magister lain.

Teknologi Informasi, Hukum dan Peradilan (3 SKS)

Matakuliah mengantar mahasiswa kepada penguasaan paradigma teknologi, khususnya teknologi informasi dan kecerdasan buatan, dalam berbagai kegiatan penegakan hukum dan penyelenggaraan peradilan. Analisis dan spesifikasi kebutuhan pemakai dalam pengembangan sistem perangkat lunak ’advice systems’ untuk tujuan tertentu. Kajian atas berbagai sistem yang sudah dikembangkan. Matakuliah ditawarkan sebagai pendamping bagi matakuliah yang ditawarkan di program magister lain.

Sistem Biomedis (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan sistem yang menerapkan metode dan teknik kecerdasan buatan dalam biomedis. Matakuliah ini menjadi jembatan yang menghubungkan antara Teknik dan Biomedis. Matakuliah ini meliputi bioinstrumentasi, biomaterial, biomekanik, Teknik genetika dan jaringan, dan pencitraan pada citra medis.