Mata Kuliah Wajib


Teknik Pemrograman (2 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang pengertian dan penerapanalgoritma dan struktur data sebagai dasar pembuatan program, Selain

itu, matakuliah ini juga mengenalkan konsep dasar pemrograman berorientasi objek, menerapkannya ke suatu bahasa pemrograman yang mendukung konsep ini untuk memecahkan suatu permasalahan. Pembahasan meliputi : dimulai dari tipe data abstrak, stack dan queue serta linked list, konsep dasar objek, pewarisan, polimorfisme dan relasi kelas.

Teknologi Komputasi (3 SKS)

Matakuliah dirancang untuk memberikan pemahaman cara menyelesaikan berbagai persoalan teknik secara numeris dengan lebih membahas aspek konsep dan algoritma, sedang aspek teknologi dijelaskan melalui pengenalan MATLAB sebagai sumberdaya komputasi numeris yang sifatnya komprehensif. Sedini mungkin mahasiswa diajak akrab dengan MATLAB, terutama fungsi-fungsi bakunya. Selain itu juga digunakan Java, C++, dan C#. Pembahasan meliputi hakekat komputasi numeris, sistem persamaan linear dan nonlinear, optimisasi, dan penerapan penyelesaian persamaan diferensial biasa dan parsial secara numeris.

Rekayasa Perangkat Lunak (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan rekayasa perangkat lunak. Pembahasan meliputi pemahaman konseptual produk, proses dan manajemen projek perangkat lunak, spesifikasi kebutuhan perangkat lunak (SKPL), desain perancangan perangkat lunak (DPPL), implementasi dan testing perangkat lunak baik secara konvensional maupun berorientasi objek serta prediksi arah masa depan perangkat lunak.

Manajemen Projek (2 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk mempelajari manajemen projek khusus bagi projek-projek yang terkait dengan Teknologi Informasi. Di sini, ditunjukkan konsep, metodologi, skill, tool, teknik manajemen projek IT baik secara teori maupun studi kasus. Simulasi projek dipraktekkan dalam skala yang lebih kecil dengan menerapkan pendekatan empat knowledge area inti dan empat knowledge area pendukung serta satu knowledge area pengintegrasi manajemen projek.

Sistem Informasi Korporat (3 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan penerapan strategis Teknologi Informasi (IT) ke dalam fungsi-fungsi bisnis dalam suatu enterprise. Penerapan Strategis mengimplikasikan fungsi-fungsi bisnis diintegrasikan dengan fungsi IT termasuk pada pengembangan strategi dan tujuan bisnis enterprise, dimana kesuksesannya tergantung pada penerapan strategis ini.

Kecerdasan Berbasis Pengetahuan (3 SKS)

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep kecerdasan dalam komputer, bagaimana menanamkan pengetahuan sehingga sebuah aplikasi memiliki kecerdasan dan proses inferensi untuk mengambil kesimpulan dalam kondisi pasti maupun kondisi yang mengandung ketidakpastian. Selain itu juga diberikan konsep dasar pemrogram logika menggunakan software PROLOG

Metodologi Penelitian (2 SKS)

Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman akan metodologi penelitian di Teknik Informatika. Pembahasan meliputi perspektif teknologi masa depan bidang teknik informatika, berdasarkan gambaran dan proyeksi atas teknologi masa kini; riset dalam teknik informatika: Ragam persoalan riset, dan cara melakukan riset; Menyusun hipotesis dan pengujiannya; Uji hipotesis dengan statistika inferensial atas data; Uji hipotesis dengan analisis formal matematik; Riset melalui simulasi dengan bantuan komputer; Analisis sensitivitas; Keterbatasan bahan dan alat; Aspek teknis pelaksanaan riset dan pelaporan hasil riset.

Tesis (6 SKS)

Tesis adalah karya tulis yang mendokumentasikan hasil penelitian yang mencakup tinjauan analitis, aspek komputasi dan teknologi dari obyek yang diteliti, sesuai dengan tujuan penelitian. Sekalipun tidak sepenuhnya karya asli, unsur kontribusi ilmiah harus nyata.

Di dalam Tesis ini terangkum pula kegiatan, Ujian Tesis

Ujian tesis adalah ujian penelitian mahasiswa yang tertulis di dalam dokumen Tesis, sebagai syarat kelulusan. Ujian bersifat oral di hadapan Tim Penguji yang terdiri atas Pembimbing Tesis dan dosen lain yang ditunjuk.

Publikasi Penelitian

Publikasi berupa ringkasan tesis S2 atau bagian dari tesis/riset S2 dari mahasiswa yang bersangkutan beserta dosen pembimbingnya. Publikasi penelitian ini harus di-submit ke seminar atau journal yang berskala nasional/internasional sesuai kriteria. Kriteria minimal adalah dipublikasikan di dalam seminar nasional atau journal ter-akreditasi B, atau daftar seminar/journal yang diakui oleh Program Pascasarjana Magister Teknik Informatika UAJY. Publikasi Penelitian ini adalah sebagai syarat untuk menempuh Ujian Tesis (ada letter of acceptance dari penyelenggara seminar atau journal).

Character Building dan Outward Bound (0 Sks)

Pada training ini, mahasiswa dilatih untuk dapat menanggapi situasi sulit dunia kerja dengan sikap yang unggul. Selain ketrampilan, faktor terpenting yang mempengaruhi sikap adalah karakter. Oleh karena itu sangatlah perlu bagi para mahasiswa yang akan menduduki posisi atau jabatan tertentu memiliki karakter yang unggul sehingga dapat menanggapi berbagai situasi sulit di dunia kerja dengan baik. Aspek yang digali dalam training ini adalah motivasi, semangat kerja, disiplin dan sense of ownership. Sebagian training dilaksanakan dalam bentuk program Outward Bound.

Company Visit (0 Sks)

Company visit adalah program yang dirancang untuk memberi kesempatan para mahasiswa Magister Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk memperoleh sebuah pengalaman/pengayaan pengetahuan akademik melalui studi kasus di institusi/ korporasi yang dikunjungi (semua biaya – transportasi dan akomodasi – ditanggung oleh mahasiswa).

Matrikulasi (0 Sks)

Mata kuliah ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru MTF yang berlatarbelakang S1 non Teknik Informatika atau Computer Science. Mata kuliah ini memberikan penyegaran mengenai materi dasar pemrograman dan jaringan.

Kuliah Umum (0 Sks)

Kuliah umum wajib diikuti semua mahasiswa MTF minimal 4 kali selama masa studi. Kuliah umum berfungsi menambah wawasan mahasiswa mengenai keilmuan lintas program studi. Materi kuliah umum bebas dipilih oleh mahasiswa, yang meliputi materi semua prodi yang ada di Progam Pascasarjana UAJY.