Tentang Pascasarjana


Program Pascasarjana diawali dengan membuka program studi Magister Manajemen pada tahun 1993 (berdasarkan SK Dikti Depdikbud No. 261/DIKTI/KEP/1993), sehingga pada awal periode ini hanya disebut sebagai Program Magister Manajemen saja. Unit ini dipimpin oleh seorang direktur dengan dibantu oleh dua orang wakil direktur (bidang administrasi & keuangan serta bidang akademik) dan satu orang ketua program studi. Kegiatan operasional pendidikan dilaksanakan di gedung Bank Lippo, Jl. Sudirman Yogyakarta. Program Magister Manajemen membuka 2 bidang konsentrasi: Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran. Dari periode ke periode menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk studi di jenjang Strata 2 makin meningkat. Ruangan yang tersedia di gedung Bank Lippo tidak memadahi lagi sehingga mulai tahun Juni 1995 kegiatan akademik Program Magister Manajemen dipindahkan ke Kampus Babarsari hingga saat ini. Di kampus yang baru ini penyelenggaraan pendidikan Strata 2 berkembang secara mantab dengan sarana dan prasarana akademik yang lebih lengkap. Keterlibatan praktisi bisnis dalam proses pembelajaran juga sangat baik.

Pada tahun 1997 program pendidikan Strata 2 itu, seiring dengan dibukanya program Magister Teknik, secara resmi diubah menjadi Program Pascasarjana. Unit Pascasarjana dipimpin oleh seorang Direktur dan seorang Wakil Direktur dengan dibantu oleh Ketua Program Magister Manajemen dan Ketua Program Magister Teknik. Meskipun SK Dikti Depdikbud No.  54/DIKTI/KEP/1996 diterima pada Oktober tahun 1996, namun secara operasional program Magister Teknik dengan konsentrasi Manajemen Konstruksi dimulai pada Januari 1997. Hal ini disebabkan tahun akademik dimulai bulan September tetapi SK Depdikbud diterima bulan Oktober 1996 sehingga Program Pascasarjana belum dapat menerima mahasiswa baru.

Animo masyarakat untuk dapat mengikuti Program Magister Teknik dengan konsentrasi Manajemen Konstruksi pun cukup menggembirakan sehingga pada tahun 1998 dapat dibuka dua kelas paralel. Perhatian dan keterlibatan praktisi di bidang manajemen konstruksi pun cukup baik sehingga mereka bersedia mendukung dalam kegiatan akademik.

Dua tahun kemudian Program Pascasarjana membuka program studi baru yaitu Magister Ilmu Hukum dengan konsentrasi Hukum Bisnis. Kehadiran program studi ini mendapat dukungan kuat dari praktisi hukum seperti Dr. Todung Mulya Lubis, SH., LLM., Dr. Albert Hasibuan, SH., Victor Purba, SH., LLM., M.Sc. kegiatan akademik dimulai tahun 1999 berdasar pada SK Dikti Depdikbud No. 195/Dikti/Kep/1999 tertanggal 30 April 1999.

Dalam upaya memenuhi kehendak masyarakat akan pentingnya teknologi informasi, maka Program Pascasarjana membuka Magister Teknik Informatika berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Budaya No. 924/D/T/2003 yang merupakan Surat Keputusan ijin operasional. Disamping itu, Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga membuka Magister Teknik Arsitektur dengan konsentrasi Arsitektur Digital, berdasar SK : 165/D/T/2006, tanggal 8 Mei 2006, hal ini dilakukan karena animo masyarakat terhadap Arsitektur Digital semakin banyak. Pada tahun 2017, secara resmi berdasarkan SK Kemenristekdikti bahwa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi resmi dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan memperdalam ilmu komunikasi secara luas.

Dengan keseluruhan Program Magister tersebut, maka saat ini Program Pascasarjana dengan 6 Program Studi  mampu melayani pendidikan Strata 2 secara lintas disiplin. Disamping itu, interaksi di antara mahasiswa dan para dosen serta antar mahasiswa yang berbeda disiplin ilmu memungkinkan membuka wawasan mereka.