Sharing Beasiswa Program Pascasarjana dan Kolaborasi Riset Internasional


Pada Rabu, 16 September 2020 telah dilaksanakan Sharing Beasiswa Program Pascasarjana dan Kolaborasi Riset Internasional pukul 10.00 hingga 12.00 WIB melalui Zoom. Webinar ini diisi oleh pembicara Dr. Deendarlianto selaku Director of Centre for Energy Studies, UGM dan Member of National Research Council, Indonesia. Selain itu, webinar ini juga diisi oleh moderator Dr. Pranowo, S.T., M. T. selaku Dosen Program Studi Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Melalui webinar yang dihadiri lebih dari 50 peserta tersebut, Dr. Deendarlianto memaparkan bahwa konsep strategi membangun talenta muda melalui studi lanjut yaitu adanya strategi untuk mengajari para anak muda, agar dapat melanjutkan studi S3, dengan cara mengajari membuat proposal untuk beasiswa. Selain itu, dengan melanjutkan studi S3 maka akan memiliki pengalaman mengajar dan belajar. Kemudian, memperkuat karakter personal dan tradisi, dan sebagainya.

Peluang beasiswa ada lima, yaitu Competitive Pure Scholarship, Multilateral Exchange Scholarship, Employment Scholarship, Internship Research Fellow, serta Beasiswa dari Pemerintah seperti Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia – Luar Negeri (BUDI-LN), dan Lembaga Pengelola dana Pendidikan (LPDP).

Hal terpenting dalam meraih beasiswa adalah, kemampuan bahasa asing dan membangun research pada saat studi lanjut. Lalu, paper digunakan bukan hanya untuk eksistensi atau reputasi tetapi juga sebagai tiket untuk kontribusi di dunia internasional.