Talkshow Daring Magister Ilmu Komunikasi: From Body Shaming To Body Proud


Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kembali melaksanakan talkshow daring. Talkshow daring ini mengangkat topik “From Body Shaming to Body Proud”. Topik ini diangkat dari realitas sosial yang banyak terjadi dan sangat dekat dengan semua orang. Talkshow daring yang diselenggarakan pada Sabtu, 30 Januari 2021 ini juga merupakan hasil kolaborasi antara Yureka Education Center (YEC.co.id) dan Shine Agency dari Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana UAJY.

Talkshow daring tersebut menghadirkan dua orang narasumber dengan sudut pandang keilmuan yang berbeda yakni, Made Ayu Wahyuning Prativi selaku Psikolog klinis serta Dr.Phil. Y Bambang Wiratmojo, S.Sos, M.A. selaku dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY. Made Ayu selaku Psikolog mengungkapkan bahwa body shaming merupakan pengalaman yang dialami oleh seorang individu ketika bentuk tubuh dipandang sebagai suatu hal negatif dan menjadi sebuah kritikan bagi orang lain. Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa body shaming juga dapat dikategorikan sebagai bagian dari bullying. Dari sudut pandang Ilmu Komunikasi, Bambang Wiratmojo mengungkapkan bahwa peran media melalui tayangan iklan juga menjadi salah satu faktor adanya standarisasi body goals khususnya pada perempuan.

Acara yang dilaksanakan melalui platform Zoom selama kurang lebih satu setengah jam tersebut, dihadiri kurang lebih 53 partisipan yang berasal dari berbagai kalangan praktisi dan akademisi. Beberapa partisipan yang juga merupakan penyandang disabilitas hadir sehingga, penyelenggara talkshow menghadirkan salah seorang juru bahasa isyarat. Pada akhir sesi diskusi, Bambang Wiratmojo menyampaikan bahwa peran keluarga ternyata sangat penting dalam membentuk perilaku serta pengalaman anak. Hal ini mempengaruhi cara anak dalam berpikir dan bertindak sehingga, menjadi salah satu cara mencegah adanya body shaming atau bullying. Made Ayu juga menambahkan bahwa “self care is a luxury, semua akan mudah bila kamu mampu menerima dirimu”. *DP