Webinar Informatika: Bincang-bincang Alumni Magister Informatika


Program Studi Informatika Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta melaksanakan webinar melalui aplikasi Zoom dengan tema “Bincang-bincang Alumni Magister Infromatika” pada hari Rabu, 3 Juni 2020. Webinar ini dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB dan diikuti oleh 55 peserta yang merupakan para alumni Magister Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pembicara pada webinar kali ini ialah Prof. Ir. Suyoto, M.SC., Ph.D dan juga Prof. A. Djoko Budiyanto, M.Eng., Ph.D.

Ada beberapa topik yang dibahas pada acara bincang-bincang kali ini, diantaranya adalah kehidupan seputar para alumni, rencana pembukaan S3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, pengajuan akreditasi, Blended Learning S2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, seputaran teknis penggunaan Scopus ID, strategi publikasi, dan juga kerjasama publikasi dalam pengembangan research. Beberapa topik tersebut juga merupakan bagian dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh para alumni dan hasil diskusi bersama kedua pembicara pada webinar ini.

Secara garis besar, diskusi ini lebih banyak membahas tentang rencana pembukaan S3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang akan dimulai pengajuannya pada tahun 2021 mendatang dan mulai tahun ini akan terus dilakukan penelitian dan pengembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Prof. Suyoto bahwa secara administrasi UAJY sudah layak untuk membuka program S3, artinya sudah lulus syarat administrasinya. Dan sejalan dengan rencana terebut, ternyata para alumni yang ikut serta dalam webinar ini pun cukup antusias dengan berita ini dan banyak dari mereka yang tidak sabar dalam menantikan hal tersebut bisa terwujud. Kemudian topik selanjutnya yang juga tidak kalah menariknya adalah tentag proses perkuliahan Magister Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang akan menjajagan “Blended Learning”, yaitu uji coba pembelajaran di semester depan dengan setengah semesternya dilakukan di dalam kelas dan setengah semester berikutnya dilakukan secara daring. Penjajagan ini pun akan dilakukan dengan ful research. Dan topik besar terakhir pada diskusi kali ini adalah tentang bagaimana teknis penggunaan Scopus ID yang secara langsung dipraktekkan oleh Prof. Suyoto melalui Screen yang dibagikan dan juga tentang penulisan yang terindeks dengan Scopus.