Webinar Magister Arsitektur : (Hi)story of Javanese Cities #BELAJARDARIMEREKA


Magister Arsitektur Pascasarjana Universitas Atma Jaya kembali melaksanakan Webinar yang bekerjasama dengan #BELAJARDARIMEREKA seri ke 51 dengan topik “(Hi)story of Javanese Cities”. Webinar ini diadakan pada hari Kamis, 3 Desember 2020 yang dibawakan oleh Dr. Rony Gunawan Sunaryo, IAI sebagai pembicara.

Pembicara : Dr. Rony Gunawan Sunaryo, IAI

Webinar ini membuka wawasan mengenai perkembangan bangunan dan pola kota berkembang dari zaman ke zaman. Mulai dari tahun 1600-1940 dibahas dengan detail mengenai perubahan – perubahan struktur bangunan dan pola dari kota – kota yang ada di Jawa. Pada tahun 1700 – 1870 karena pengaruh dari eropa, gaya bangunan pada masa itu adalah arsitektur hibrida lalu berubah menjadi gaya empire karena Daendels membawa kultur prancis ke dalam arsitektur Indonesia. Hingga pada 1890 mulailah terjadi arsitektur transisi.

Bangunan – bangunan yang ada dipengaruhi oleh kultur islam, hindu, cina, arab, sehingga membuat kita mengenal asimilasi dan akulturasi dalam bangunan. Maka dari itu, peninggalan bekas penjajahan menciptakan keindahan dalam bangunan.

Webinar yang dihadiri oleh kurang lebih 100 orang ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom.