Webinar Magister Informatika: Toward Digital Society in Higher Education


Pada Kamis, 25 Juni 2020 telah terlaksana Webinar Magister Informatika dengan tema “Toward Digital Society in Higher Education”. Webinar ini dimoderatori oleh Ibu Desidena Cempaka, Ph.D (Dosen FISIP UAJY), sesi pertama webinar ini diisi dengan materi mengenai Digitalisasi dalam Pengembangan Jasa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Dr. Agus Rochiyardi, MM (Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Otorita Pengembangan Borobudur). Dalam penjelasannya Beliau menjelaskan menganai Badan Otorita Pengembangan Borobudur (BOB), perkembangan pariwisata di indonesia yang memuncuklan banyak kota-kota even dan kota festival. Termasuk unsur-unsur yang membentuk kepariwisataan seperti; wisatawan, destinasi dan pelaku usaha sampai subsektor ekonomi kreatif.

Sesi kedua webinar ini membahas mengenai Go-Mobile: Pengembangan Industri Jasa di Era New Normal oleh Prof. Suyoto, Ph.D (Ketua LPPM Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Dalam sesi ini Prof. Suyoto menjelaskan mengenai Smart Tourism dimana pariwisata mulai memanfaatkan big data dan artificial intelligence. Hal ini tentu mendukung pariwisata yang lebih baik, pengalokasian sumber daya pariwisata secara lebih efisien, meningkatkan pengalaman pariwisata seperti pemanfaatan drone untuk melihat kenyataan real yang tidak dapat dijangkau langsung oleh wisatawan.

Dalam webinar ini juga dilakukan sesi diskusi dengan peserta mengenai materi yang telah disampaikan baik hubungannya dengan UMKM, Kementerian Pariwisata, hingga dampak yang disebabkan pamdemi covid-19 terhadap sektor pariwisata. Webinar ini diselenggarakan melalui Zoom Meeting, dengan peserta dari kalangan umum. Beberapa diantaranya adalah mahasiswa UAJY, mahasiswa BINUS, mahasiswa Universitas Bumi Gora Mataram dan mahasiswa Universitas Respati Yogyakarta.