Webinar Manajemen : Edukasi Keuangan Digital untuk Mahasiswa


Pada hari sabtu, 30 mei 2020 program Pascasarjana UAJY telah melaksanakan webinar dengan judul  Edukasi Keuangan Virtual bagi Mahasiswa. Webinar ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen, dari pukul 10.10 hingga 10.17. Serta memulai penilaian pre-test pada pukul 10.17. Kemudian, acara dilajutkan dengan sambutan dr Bapak Dr. Ir. A. M. Ade Lisantono, M. Eng. Lalu, acara dibuka oleh Bapak Maryatmo sebagai moderator acara.

Pembicara pertama, yaitu Bapak Horas VM Tarihoran sebagai Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK, yang menjelaskan mengenai OJK dan Sektor Jasa Keuangan. Menurutnya, OJK diawasj oleh regulator dan perbankan oleh BI dan regulator dan pengawas pasar modal dan IKNB sehingga menghasilkan OJK yakni regulator dan pengawas lembaga jasa keuangan yang terintegrasi. Tugas OJK ialah mengatur, mengawasi, dan melindungi. Literasi keuangan adalah ketika masyarakat memiliki kesadaran, pengetahuan, keterampilan, sikap untuk membuat keputusan keuangan yang baik, dan mencapai kesejahteraan finansial individu. Target literasi daan inklusi keuangan tahun 2023-2024 adalah 50% dan target inklisu keuangan 90% didukung oleh semua pihak untuk menjadi agen literasi. Di mana, OJK mengeluarkan kebijakan2 untuk stimulus kuangan. Kemudian, dilanjutkan dengan Bapak Hotman Simbolon sebagai  Head of Govermment Affairs Citibank Indonesia yang menjelasikan mengenai 5 kebutuhan finansial, dan digitalisasi dan finansial yang dibagi menjadi 5 hal yaitu, pay, save, project, borrow dan realita perubahan teknologi digital dulu dan saat ini. Lalu, pembicara yang ketiga dilanjutkan dengan Bapak Salim Sutiono, S.E sebagai Founder Greatness Consultant. Bapak Salim Stuiono menjelaskan tentang finnancial planning pribadi. Hal tersebut membahas mengenai, pengelolaan uang di suatasi pandemi COVID-19.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dipandu oleh Bapak Maryatmo sebagai Moderator dengan memilih 3 pertanyaan terpilih, untuk  3 pembicara. Di penghujung  webinar Bapak Maryatmo mengatakan, webinar ini sangat memberikan pencerahan, di situasi perekonomian Indonesia dikala pandemi, terutama bagi mahasiswa sebagai generasi muda. (SS : EK)