Webinar Program Studi Arsitektur UAJY : Veganism in Sustainable Architecture


Program Studi Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta bekerjasama dengan #BelajardariMereka telah melaksanakan webinar bertajuk “Veganism in Sustainable Architecture” dengan narasumber Guru Besar Arsitektur UAJY, Prof. Prasasto Satwiko pada Kamis, 20 Agustus 2020 yang diadakan melalui aplikasi Zoom.

Dampak buruk pasca Covid-19 membuat manusia harus menciptakan lingkungan yang berkelanjutan untuk mempertahankan keberadaannya. Salah satu cara untuk menciptakannya adalah dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. Vegan merupakan salah satu gaya hidup yang disarankan karena pola makan yang berbasis nabati dapat memberi perlindungan terhadap Covid-19 dan dapat menghindari terjadinya penyakit yang ditularkan dari hewan (zoonosis).

Gaya hidup vegan berarti tidak mengonsumsi hewan dan tidak menggunakan produk hewani. Aktivitas perawatan, pengolahan dan pendistribusian hewan dapat menimbulkan polusi, gas rumah kaca, serta menggunakan energi yang cukup besar. Gaya hidup ini dapat dimulai dari skala kecil, yaitu rumah yang nantinya dapat meluas hingga pekarangan, komplek, bahkan perkotaan. Di perkotaan banyak bangunan menggunakan material yang menangkap panas seperti beton, seng, aspal maka itu upaya kita adalah menambah proporsi tanaman hijau dengan harapan dapat memepertahankan bahkan mungkin menurunkan suhu di kota dan juga menambah estetika. Maka dari itu kita harus berusaha mencegah naiknya suhu udara di kota karena untuk menurunkannya sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebagai arsitek, penting untuk memahami hal ini, karena berperan dalam perancangan bentuk dan fungsi dari bangunan. Maka dari itu, mulailah melakukan terobosan dan mencari solusi untuk menyelamatkan lingkungan. Banyak alternatif yang dapat digunakan untuk mewujudkan gaya hidup yang dapat mencegah naiknya suhu udara, seperti menerapkan hidroponik pada desain rumah atau bangunan lainnya, tanaman vertikal, green roof, dan alternatif lainnya yang tidak menggunakan energi terlalu besar.