Webinar Program Studi Magister Ilmu Komunikasi : Prospek Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok Pasca Covid-19)


Pembicara : Djauhari Oratmangun
Moderator : Dr. Lukas Ispandiarno

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Univesitas Atma Jaya telah melaksanakan webinar melalui aplikasi Zoom dengan tema “Prospek Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok Pasca Covid-19)” pada hari Jumat, 12 Juni 2020 yang dibawakan oleh Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok & Mongolia yaitu Bapak Djauhari Oratmangun sebagai pembicara dan Dr. Lukas Ispandiarno sebagai moderator. Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 90 peserta.

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan ekonomi, politik bahkan sosial seluruh negara di dunia. Maka itu, negara Indonesia perlu membuat kerjasama yang strategis dengan pelaku global yang lainnya. Indonesia harus selalu menjalin hubungan baik denga negara lain bukan hanya dari yang diwariskan oleh pendahulu tetapi juga menjalin hubungan dengan negara – negara lain yang baru agar dekat dengan semua pelaku ekonomi.

Setiap negara tentu punya caranya sendiri untuk melakukan pendekatan karena perbedaan kondisi negara dan faktor lainnya. Untuk melakukan pendekatan atau penyelesaian masalah dibutuhkan dialog, karena dengan semakin banyak negosiasi maka akan terjalin kerjasama. Diplomasi ini tidak berlangsung secara cepat tetapi membutuhkan waktu bertahun – tahun. Maka itu strategi komunikasi sangat dibutuhkan karena penting bagaimana cara menyampaikan informasi baik ke negara lain maupun ke publik agar dapat dicerna secara baik dan tepat.