Webinar Program Studi Magister Manajemen: Ketahanan dan Kedaulatan Pangan sebagai Pilar Ketahanan Perekonomian Indonesia


Moderator : Dr. Aloysius Gunadi Brata, Msi
Pembicara : Ir. Eko Taufik Wibowo, M.M
Sesi Tanya Jawab & Diskusi
Materi Webinar

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah melaksanakan webinar melalui aplikasi Zoom dengan tema “Ketahanan dan Kedaulatan Pangan sebagai Pilar Ketahanan Perekonomian Indonesia” pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Webinar ini diisi oleh Ir. Eko Taufik Wibowo, M.M sebagai pembicara dan Dr. Aloysius Gunadi Brata, MSi sebagai moderator yang dihadiri oleh mahasiswa S1 dan S2 Manajemen. Webinar ini membahas mengenai bagaimana mempertahankan pangan di Indonesia untuk menjaga perekonomian di Indonesia.

Ketersediaan pangan di Indonesia sering tidak tercukupi, padahal memiliki kekayaan yang berlimpah dan selalu disebut sebagai negara yang subur. Perubahan iklim dan kesehatan lingkungan memegang peran penting dalam kualitas hasil panen. Maka itu kekuatan teknologi pada masa ini sangat membantu jalannya distribusi dari sektor industri pangan. Bukan hanya memperkuat sektor produksi pangan, teknologi juga membantu penjualannya.

Terdapat beberapa ketahanan pangan seperti ketersediaan yaitu bagaimana negara memaksimalkan produksi pangan dalam negri dan meningkatkan swasembada. Mutu dari hasil produksi pangan ini juga harus bergizi lengkap agar dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Harga yang terjangkau juga termasuk bentuk ketahanan pangan karena perlu untuk menjaga harga agar tetap stabil dan perekonomian tetap terjaga. Adapula keseinambungan yaitu melestarikan lingkunan yang ada untuk generasi mendatang, sehingga ketahanan pangan ini dapat berkelanjutan ke masa mendatang.