Webinar Program Studi Magister Manajemen: Pengembangan Model Teoretikal dan Desain Riset Terapan


Dr. BM Purwanto, MBA (dosen FEB UGM) sebagai pembicara
Dr. BM Purwanto, MBA (dosen FEB UGM) sebagai pembicara.
Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, S.E., M.Si., Ak., CA. (dosen program pascasarjana UAJY) sebagai moderator.
Dr. J. Ellyawati, M.M (Kaprodi Magister Manajemen Pascasarjana UAJY).
Peserta Webinar (1)
Peserta Webinar (2)

Sabtu, 13 Juni 2020 Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kembali mengadakan webinar melalui aplikasi zoom meeting. Webinar tersebut mengambil topik mengenai “Pengembangan Model Teoretikal dan Desain Riset Terapan”. Webinar kali ini mengundang salah satu dosen FEB UGM yakni Dr. BM Purwanto, MBA sebagai pembicara serta dimoderatori oleh dosen internal program Pascasarjana UAJY Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, S.E., M.Si., Ak., CA.

Dr. BM Purwanto, MBA sebagai pembicara mengangkat beberapa topik yaitu, model-model penelitian yang dapat dikembangkan dan sering digunakan dalam riset magister manajemen, validitas penelitian serta beberapa studi kasus yang diberikan sebagai pemantik diskusi bagi peserta webinar. Menurutnya, tujuan riset atau penelitian yang dilakukan oleh level magister manajemen adalah untuk mendapatkan pengetahuan instrumental (mengetahui, memahami serta memberikan solusi atas masalah bisnis dalam sebuah organisasi atau perusahaan). Dalam kesempatan tersebut, Ia juga mengungkapkan sulitnya melakukan publikasi terhadap jenis applied research atau riset terapan oleh magister manajemen karena berkaitan dengan rahasia internal organisasi atau perusahaan sehingga, teks bacaan untuk jenis riset terapan lebih sukar ditemukan dibandingkan jenis riset lain.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Manajemen Dr. J Ellyawati, MM sekaligus pembuka acara webinar kali ini mengaku senang bisa mengundang kembali dosen tamu dari luar. Menurutnya, webinar kali ini sangat tepat untuk menambah wawasan peserta khususnya mahasiswa magister manajemen yang sudah atau akan melaksanakan penelitian tesis dalam waktu dekat. Di akhir sesi webinar, Ia pun berpesan kepada peserta webinar khususnya mahasiswa yang sementara melakukan pengerjaan tesis dan baru akan memulai tesis untuk tetap semangat dalam mengerjakan dan menyelesaikan tesis mereka masing-masing.