Webinar Series Magister Informatika: Toward Digital Society in Small Medium Enterprise


Magister Informatika Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia mengadakan “Webinar Series Toward Society in Small Digital Enterprise”, pada Kamis 3 Desember 2020. Webinar ini dipandu oleh Prof. Djoko Budiyanto S, Ph.D. selaku Ketua Program Studi Magister Informatika Program Pascasarjana UAJY serta menghadirkan dua presenter dan pengisi materi webinar yakni Yonathan Dri Handarkho, Ph.D. selaku pengajar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta serta Assc. Prof Nor Aziati Abdul Hamid, Ph.D. selaku pengajar di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Webinar yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom ini dimulai dengan presentasi materi, serta hasil riset kolaborasi masing-masing presenter yang berkaitan dengan kondisi transformasi digital di Indonesia serta Malaysia. Materi webinar serta hasil riset masing-masing presenter menyimpulkan bahwa, kondisi Pandemi Covid-19 mentransformasikan pola hidup masyarakat menjadi masyarakat yang digital. Saat ini transformasi digital tersebut mulai dirasakan pada pendidikan yang bertransformasi menjadi e-learning, kegiatan transaksi jual beli e-commerce serta bidang-bidang lain yang mulai bergantung pada jaringan internet sepenuhnya. Salah satu pelaku yang juga berperan dari sektor e-commerce tersebut adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kondisi pandemi yang tidak memungkinkan setiap orang untuk bertemu langsung dalam bertransaksi, mendorong pelaku-pelaku UMKM untuk menggunakan media sosial secara kreatif sebagai platform untuk kegiatan promosi secara online. Hal ini merupakan salah satu hal positif yang terjadi bagi pelaku UMKM karena dapat meningkatkan daya saing produk-produk UMKM di kelasnya. Selain itu, transformasi digital yang terjadi bagi UMKM menjadikan calon konsumen semakin semakin banyak serta pasar produk-produk UMKM semakin meluas hingga ke luar negeri.

Pada akhirnya webinar yang dihadiri kurang lebih 50 partisipan ini menyimpulkan bahwa, proses digitalisasi ini perlu didukung oleh semua golongan baik pemerintah maupun masyarakat. Peran pemerintah dalam menyediakan fasilitas jaringan internet harus terus ditingkatkan mengingat kebutuhan internet menjadi vital dalam kondisi saat ini. Namun, masyarakat juga berperan penting untuk memanfaatkan jaringan internet dengan baik agar kegiatan di semua sektor baik di pendidikan, perekonomian serta bidang-bidang lain tetap stabil sehingga masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam menjaga kestabilan negara dalam kondisi seperti saat ini.