Workshop Arsitektur Digital Progam Studi Arstektur : Software Rinos & grassoper


Rangkaian Workshop Arsitektur Digital diisi oleh Bapak Ir. Djoko Istiadji M. Sc. Bid sebagai trainer dengan software Rhicnoceros dan Grasshopper. Workshop ini dimulai setiap pukul 07.30 WIB hingga 10.00 WIB melalui Microsoft Teams.

Pada pertemuan pertama, 12 September 2020 tema yang diangkat adalah “Konsep dan Pengenalan GUI dan Grasshoper”. Kelebihan dari pemodel parametrik diantaranya, visualisasi produk yang lebih baik, karena dapat menunjukkan banyak alternatif dengan cepat akurat serta estetis. Kemudian, data desain yang telah digunakan, kembali dimanfaatkan untuk membuat desain yang baru.


Selain itu, perputaran desain cepat serta dapat meningkatkan efisiensi kerja dan biaya. Lalu, integrasi yang lebih baik dengan berbagai aplikasi lainnya (streamlink), BIM, dan pengurangan waktu siklus teknik. Selanjutnya, bisa dikembangkan ke bidang atau aspek kajian lain yang terintegrasi. Hal tersebut meliputi performa bangunan, biaya, kekuatan struktur, dan sebagainya.


Kelebihan lainnya adalah, berguna untuk mendukung sistem kontrikdi yang lebih cepat, presisi, serta efisien material dengan penggunaan CNC. Kemudian, digitalisasi proses dan data akan mendukung implementasi teknologi ICT untuk menuju ke revolusi industri 4.
Selanjutnya, arah pengembangan cenderung ke depan dengan memasukkan unsur AI, maka akan tercipta alat design generative yang baru. Desain tersebut nantinya berguna untuk mengefisiensikan dan mempresisikan kerja perancangan. Namun demikian, dengan konsekuensi mendorong arsitek agar dapat masuk ke bidang kerja desain komputasi yang lebih besar.

Pada 3 Oktober 2020, tema yang diangkat adalah “Simulasi Honey Bee untuk Pencahayaan”.

Dari hasil pertemuan 2 dan 3, terdapat beberapa zona. Zona ini terdiri dari, ruang depan, take office, dan lantai 2. Bangunan harus terpotong supaya bisa terkoneksi. Komponen-komponen yang dibutuhkan ada di fitur Honey Bee (HB). Biasanya dia tidak ingin surface untuk 4 sisi. Untuk convert ke honey bee klik honey bee 2 mass. Aspek yang dihitung hanyalah banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.


Kemudian, parametrik ini semua hal yang memiliki parameter khususnya dalam kasus yang sedang dihadapi, jika ingin menggunakan pemodelan, maka bisa menggunakan grasshopper. Fungsi ryno yaitu untuk menampilkan hasil, atau bisa saja ryno dilepas. Sehingga nanti kalkulasinya bisa dimasukan ke aplikasi lain seperti Excel, atau SPSS. Karena, parameter merupakan cara yang umum.


Perlu diketahui sistem pencahayaan membutuhkan sinar matahari. Radiasi dibagu menjadi direct sunlight, dan indirect sunlight. Banyak rumus-rumus atau pendekatan untuk mengetahai gubah langit, cloudy.