Workshop LATEX Program Studi Magister Teknik Industri


Pada Rabu, 15 Juli 2020 telah terlaksana Workshop LATEX dari Program Studi Magister Teknik Industri. Workshop ini diisi oleh dua pembicara yakni Bapak Parama Kartika Dewa (Kaprodi Magister Teknik Industri UAJY) dan Bapak Apri Junaidi (Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto). Peserta dalam workshop ini dari kalangan umum.

Sesi dalam workshop ini dibagi menjadi tiga bagian yakni how to write strong introduction oleh Pak Parama, dan why latex serta installation set up migrate to latex from word working with latex oleh Pak Apri. Yang harus dilakukan dalam menyusun penelitian adalah memahami struktur jurnal/laporan penelitian, memahami fungsi dari introduction diantaranya; menjelaskan apa yang akan diselesaikan dalam penelitian, lingkup area penelitian yang dilaksanakan, menentukan gap riset yang akan diselesaikan dan tahapan untuk menyelesaikan gap, mendeklarasikan novelty dan orisinalitas riset serta manfaat riil rist dan manfaat teori serta manajemen operasionalnya. Sampai pada tahap publikasi yang menyesuaikan dengan format dari penerbit jurnal.

LATEX adalah sistem yang mengautomatisasikan penyusunan jurnal yang biasanya akan diterbitkan secara internasional dengan menggunakan kode-kode perintah yang akan menghasilkan output yang lebih rapi. Seperti dapat memilih desain cover penelitian secara otomatis. Software LATEX dapat diinstall dengan memilih sistem operasi berdasarkan perangkat yang digunakan seperti Mac, Linux dan Windows. Workshop ini berlangsung selama 2,5 jam dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada 12.30 WIB.