Workshop Program Studi Magister Manajemen : Introduction to Startup Business; New Business Ideas and How to Deal with Business in Coronavirus Pandemic Situation


Kaprodi Magister Manajemen Pascasarjana UAJY memberikan kata pembuka
Dr. Nuritomo, S.E., M.Acc sebagai Moderator
Bapak Bayu Luberizky S.E. sebagai Pembicara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah melaksanakan workshop melalui aplikasi Zoom dengan tema “Introduction to Startup Business; New Business Ideas and How to Deal with Business in Coronavirus Pandemic Situation” pada hari Rabu, 10 Juni 2020 pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.15 WIB yang diikuti oleh mahasiswa dari Magister Manajemen. Workshop ini dibawakan oleh Bapak Bayu Luberizky, S.E. sebagai pembicara dan Dr. Nuritomo, S.E., M.Acc.

Topik ini cukup menarik karena dapat membuka wawasan dan pemikiran baru bagaimana pengusaha membuat business plan yang nantinya dapat digunakan untuk bertahan dimasa pandemi seperti ini. Karena seperti yang dapat dilihat sekarang banyak sekali bisnis yang jatuh termasuk dibidang Food and Beverages. Selain membahas mengenai bagaimana bisnis dapat bertahan pada pandemi, workshop ini juga membahas mengenai bagaimana rencana bisnis yang baik untuk orang yang ingin memulai usaha baru.

Beberapa poin penting yang dapat diambil dari workshop ini adalah bahwa sebuah ide itu mahal, tidak perlu takut akan berapa besar modal yang dibutuhkan. Business plan yang layak akan mengundang investor untuk melakukan investasi pada bisnis yang kita jalankan. Bisnis tidak selalu berjalan lancar (contohnya bisnis dimasa pandemi), jadi jika bisnis terlihat sudah berjalan ditempat maka dibutuhkan inovasi yang baru. Selain business plan yang baik, jaringan juga perlu diperluas karena dapat memudahkan untuk mencari pasar dan kerja sama sehingga bisnis itu akan maju. Perlu juga diperhatikan bahwa kepercayaan antar rekan kerja maupun investor juga harus dijaga agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.